Sembilan Pasien Covid-19 Berhasil Sembuh, Lainnya Menyusul

Ilustrasi

KOMUNIKASULUT.COM – Bertambahnya kasus Covid-19 di tanah air, tak lantas menjadi satu-satunya kabar perkembangan dari wabah ini. Melainkan, masih ada titik terang seiring dengan bertambahnya pasien yang berhasil sembuh secara utuh.

Dari 172 pasien positif virus yang telah di karantina, terdapat sembilan orang yang sudah dinyatakan sembuh. Dan ada beberapa pasien lain yang sedang menjalani pemeriksaan final, agar bisa menyandang status yang sama dan segera dipulangkan.

“Beberapa pasien yang kami lakukan pemeriksaan di awal, sudah ada 9 orang yang dinyatakan sembuh dan bisa pulang. Dan masih ada beberapa orang lagi yang harus dilakukan pemeriksaan kedua,” papar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, saat konferensi pers di Graha BNPB, Selasa (17/3/2020).

”Karena pemeriksaan pertama yang dilaksanakan hari ini dan kemarin sudah negatif. Tinggal menunggu interval dua hari lagi, untuk kami laksanakan pemeriksaan. Apabila ini negatif maka sudah bisa dipulangkan,” sambung Achmad.

Sebelumnya, pasien dengan nomor kasus 1, 2, dan 3, telah resmi beranjak dari masa inkubasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Senin (16/3/2020).

Ketiganya telah dinyatakan bersih dari Covid-19, dan aman untuk kembali beraktivitas di tengah masyarakat. “Sudah kami periksa dua kali berturut-turut untuk virus ini, dan benar-benar negatif. Artinya secara fisik tidak ada lagi keluhan, secara laboratoris sudah tidak ada virusnya,” terang Achmad. (RE)