Wabah Covid-19 di Indonesia Merebak 172 Orang

dr. Achmad Yurianto. (Foto Istimewa)

KOMUNIKASULUT.COM – Setelah sebelumnya berjumlah 134, kini pasien positif Covid-19 merebak menjadi 172 orang. Hasil tracing pemerintah menambahkan 38 kasus baru di deretan angka penyebaran wabah ini.

Dirangkum dari laman Kemenkes RI, dr. Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, memperbaharui data ini kepada awak media di Graha BNPB, Selasa (17/3/2020).

“Tanggal 16 pagi sampai malam, ada kasus baru 20. Dari pemeriksaan spesimen dan ditambah enam orang, sehingga total 172 kasus. Sementara kasus meninggal masih lima orang,” beber Achmad.

Dijelaskan Jubir, para pasien berdomisili di DKI Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta Tengah, dan Kepulauan Riau. “Paling banyak DKI bahwa pintu gerbang masuk, karena di DKI mobilitas penduduk tertinggi dan kemungkinan terjadinya kontak besar. Kemudian Jatim, kemudian Jateng, dan Kepulauan Riau,” urai Achmad.

Selanjutnya, pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menelusuri kasus terbaru. Dengan terus menggandeng stakeholder yang memiliki wewenang.

Namun, Achmad juga mengajak masyarakat agar mau bekerja sama menangkal dan menekan angka penyebaran pandemik ini, dengan mengikuti protokol dan intruksi yang rutin disosialisasikan pemerintah pusat, maupun daerah.

“Kita laksanakan tracing dan edukasi ke masyarakat, mereka harus waspada. Beberapa yang merasa kontak dengan kasus positif, langsung melaksanakan pemeriksaan ke RS,” ujar Achmad.

“Isolasi rumah bukan sesuatu yang sulit. Namun membutuhkan komitmen kuat dari pasien dan keluarga. Harus menggunakan masker dan menjaga jarak,” tandas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI itu. (RE)