Pemkab Talaud Masif Sterilisasi Fasilitas Publik dari Covid-19

sterilisasi corona di fasilitas publik talaud
Sterilisasi droplet Covid-19 di salah satu fasilitas umum di Talaud. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud bergerak cepat dalam mencegah penjalaran Covid-19 di Tanah Porodisa. Rangkaian kegiatan penyemprotan disinfektan dan vaksinasi, telah dilakukan di sejumlah pusat keramaian. Seperti bandara, pelabuhan, sekolah, dan kantor dinas.

Bupati dr. Elly Engelbert Lasut, M.E, dan Wakil Bupati Drs. Mokthar Arunde Parapaga terus bersinergi untuk menjaga lingkungan yang higienis. Sehingga, tidak menjadi sarana droplet Covid-19.

“Dalam rangka mencegah Covid-19 di Talaud dan sesuai dengan salah satu visi-misi kami tentang kesehatan, maka Pemkab melakukan langkah cepat. Dengan melakukan penyemprotan di beberapa tempat umum,” ujar Wabup kepada awak media, Kamis (19/3/2020).

“Tempat umum yang dimaksud berupa bandara. Baik pintu masuk maupun kedatangan. Lalu pelabuhan. Baik dalam kapal dan luar kapal, serta ruang tunggu. Juga sekolah-sekolah, Makodim, Puskesmas, dan kantor dinas yang ada,” tambahnya.

Pemkab terus berupaya semaksimal mungkin, agar tidak ada temuan pasien Corona di setiap sudut wilayah Talaud. Namun demikian, tindakan tersebut tidak akan memberi hasil signifikan jika masyarakat tidak mau selaras dalam upaya ini.

Sehingga, Parapaga menghimbau agar seluruh warga mau berinisiatif untuk menjaga lingkungan berkehidupannya sehari-hari. Jaga agar tetap bersih dan seminimal mungkin untuk menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri. Begitupun dengan terus melaksanakan protap pencegahan Covid-19 dari keluarga masing-masing.

“Tetap menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan, di mulai dari rumah. Bersihkan rumah, kintal, serta membuang sampah yang sudah menumpuk. Jangan pula lupa memakai masker . Ini semua dalam rangka mencegah terjadinya Covid-19,” pesannya.

“Dan jangan lupa juga, kita berdoa dan berharap kepada Tuhan. Untuk kita terus diberi kesehatan dan daya tahan tubuh yang kuat dalam menghadapi masa Covid-19 saat ini,” tekannya. (RE)