Sebanyak 371 Orang dalam Pemantauan Covid-19 di Sulut

Ilustrasi

KOMUNIKASULUT.COM – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 di Sulawesi Utara, dr. Steaven P. Dandel, MPH, menjelaskan perkembangan terbaru dari kondisi penyebaran wabah di zona Nyiur Melambai.

Kepada awak media, Steaven mengonfirmasi adanya 371 kasus terindikasi corona, dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou.

“Benar. Berdasarkan data terbaru, hingga saat ini ODP sebanyak 371. Pertama Manado, Minahasa Utara, dan Bitung,” beber Steaven.

Di samping itu, terdapat juga lima orang dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sementara dalam penanganan di rumah sakit yang serupa.

“Untuk Pasien Dalam Pengawasan, ada lima orang yang dirawat di RSUP Kandou Manado. Jenis kelaminnya, perempuan tiga orang dan pria dua orang,” sambung Steaven.

Pemerintah daerah sudah memberikan penanganan maksimal terhadap lima orang PDP tersebut. Dan saat ini sementara menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium pemerintah pusat.

“Kelima PDP masih dirawat di ruang isolasi, untuk mencegah kemungkinan penularannya ke orang Iain. Kami juga masih menunggu hasil pemeriksaan sampel dari laboratorium Kemenkes,” lugas Steaven.

“Selain lima sampel dari pasien PDP, terdapat 56 sampel lain yang juga sedang diperiksa di laboratorium,” tambah Steaven.

Berikut indeks persebaran kasus ODP Covid-19 di Sulut:

  1. Kota Manado 198
  2. Kabupaten Minahasa Utara 78
  3. Kota Bitung 41
  4. Kabupaten Minahasa 26
  5. Kota Tomohon 9
  6. Kabupaten Minahasa Tenggara 6
  7. Kabupaten Sitaro: 4
  8. Kabupaten Minahasa Selatan 3
  9. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur 3
  10. Kota Kotamobagu 2
  11. Kabupaten Bolaang Mongondow 1

(RE)