Avigan-Chloroquine Jadi Solusi Pemerintah Sembuhkan Pasien Corona

Ir. H. Joko Widodo. (Foto Istimewa)

KOMUNIKASULUT.COM – Belum adanya antivirus dari Covid-19, memaksa Pemerintah Indonesia memutar otak untuk menekan penyebaran wabah ini. Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah, menyediakan jutaan obat hasil riset yang dinilai berpotensi memulihkan kondisi pasien terjangkit.

Dirangkum dari laman Presiden RI, obat bernama Avigan dan Chloroquine dianggap telah teruji di sejumlah negara. Hingga berkhasiat menyembuhkan pasien terinfeksi corona.

“Mengenai antivirus, sampai sekarang belum ditemukan, dan ini yang saya sampaikan tadi. Obat ini sudah dicoba oleh beberapa negara dan memberikan kesembuhan, yaitu Avigan. Kedua adalah Chloroquine,” kata Presiden RI Ketujuh, Ir. H. Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Jokowi ingin menunjukkan bahwa pemerintah terus bekerja, mencari jalan keluar dari pandemik ini. “Kita telah mendatangkan 5.000 Avigan, dan dalam proses pemesanan 2 juta. Lalu, Chloroquine ini kita telah siap 3 juta. Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan, kita tidak diam. Tapi mencari hal-hal dan info-info apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan Covid-19,” sambungnya.

Obat tersebut akan diperbanyak pemerintah dan diberikan resep dokter untuk penggunaannya. Dokter yang ditugaskan akan mendistribusikan obat tersebut kepada para pasien.

“Saya sudah minta kepada BUMN Farmasi yang memproduksi ini, untuk memperbanyak produksinya. Obat ini akan sampai pada pasien yang membutuhkan, melalui dokter keliling dari rumah ke rumah. Melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” tandas Jokowi. (RE)