Tanggap Corona, RAPI Sulut Sterilkan Fasilitas Publik

Salah satu lokasi peribadatan yang dikunjungi RAPI Sulut.

KOMUNIKASULUT.COM – Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di Sulawesi Utara ikut ambil bagian dalam memerangi penyebaran wabah Covid-19 di tengah masyarakat, dengan menginisiasikan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat umum di Kota Manado, Sabtu (21/3/2020).

Beberapa lokasi keramaian yang dilangsungkan sterilisasi oleh RAPI Sulut, terdiri dari kantor pemerintah, Bank, rumah peribadatan; gereja, masjid, klenteng, dan fasilitas umum lainnya.

Dr. Harley Alfredo Benfica Mangindaan, S.E, MSM, selaku Wakil Ketua RAPI Sulut mengatakan, aksi tersebut sebagai respon kemanusiaan. Ai (sapaan akrab) menyadari betul dampak masif yang sedang menunggu untuk terjadi, jika langkah antisipatif dari wabah ini disepelekan.

“Tak bisa dipungkiri, virus corona merupakan tantangan global yang saat ini punya banyak dampak negatif bagi daerah. Karena secara nasional, penderitanya terus meningkat. Sehingga ini menjadi urusan kemanusiaan yang penting. Apalagi menyangkut kesehatan, ini ‘nembole jaga pake bakusedu’,” sorot mantan Ketua RAPI Manado itu.

Menggunakan kelengkapan APD, RAPI Sulut memencar disinfektan di sarana publik.

Diketahui, RAPI concern dan responsif terhadap persoalan yang menyangkut kemanusiaan. Terlebih khusus yang disebabkan bencana alam dan non alam. RAPI sendiri telah banyak melibatkan diri dan menjadi relawan, yang tanggap dengan fenomena tanah longsor, banjir bandang, dan peristiwa bencana lainnya. (RE)