Satgas Aman Nusa II Beraksi, Topang Pemerintah Tanggulangi Pandemi

Simbolis penugasan Satgas Aman Nusa II. (Dok. Polda Sulut)

KOMUNIKASULUT.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara akan memulai operasi Aman Nusa II, dalam rangka membantu pemerintah daerah meminimalisir penyebaran Covid-19 di sela masyarakat.

Operasi dimulai dengan simbolisasi penyematan pita kepada personel yang bertugas, oleh Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, saat prosesi gelar pasukan di Mapolda Sulut, Senin (23/3/2020).

Kapolda Sulut menugaskan tim untuk melakukan operasi pencegahan penyebaran virus dari keramaian. “Ini sudah merupakan bencana nasional, maka kami melakukan operasi kepolisian ini. Tentu yang kita kedepankan adalah pencegahan. Dalam membantu pemerintah daerah melakukan pencegahan, yang akan termasuk juga pengobatan,” lugasnya.

Kabid Humas Polda Sulut, Kombes. Pol. Jules Abraham Abast, SIK, juga menerangkan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Aman Nusa II akan beroperasi selama 30 hari. Dengan tugas-tugas pokok seperti, “Mengimbau masyarakat membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, hingga kegiatan keagamaan.”

“Satgas ini akan berpatroli di wilayah rawan penyebaran, dengan melakukan pengawasan lewat alat pengukur suhu panas tubuh. Melakukan sterilisasi, menyemprotkan cairan disinfektan di lokasi keramaian, pusat kegiatan perekonomian, keagamaan, serta pengamanan di lokasi rawan,” terang Abast.

Satgas Aman Nusa II juga menanggulangi pelanggaran Kamtibmas, yang disebabkan oleh penyebaran isu sesat tentang Covid-19. “Satgas akan menindak tegas pelaku kejahatan, seperti penjarahan, perampokan, pencurian dan lain-lain, termasuk pelaku penimbunan bahan makanan dan sarana kesehatan. Begitupun dengan penyebaran hoaks terkait corona,” urai Abast.

Tim operasi ini dibentuk sesuai amanat Mabes Polri. Pembentukan tim sudah melalui tahapan latihan pra operasi, dimulai Jumat (20/3/2020). Dan seterusnya akan berkoordinasi dengan BPBD, TNI, serta pemerintah daerah. (RE)