Pemkab Talaud Perlu Matangkan Langkah Preventif, Tanggulangi Dampak Pandemi

ketua-hipmi-talaud-christian-maringka
Christian Maringka.

KOMUNIKASULUT.COM – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Badan Pengurus Cabang (BPC) Talaud mewanti pemerintah kabupaten untuk menyiapkan langkah preventif, dalam menanggulangi dampak berkepanjangan Covid-19 di Tanah Porodisa.

Covid-19 tidak hanya mempengaruhi faktor kesehatan. Perlahan tapi pasti akan mengganggu keseimbangan ekonomi dan kebutuhan pangan masyarakat. Langkah proaktif pemerintah dibutuhkan untuk mencegah terjadinya kondisi terburuk.

Ini diperingatkan Ketua Umum BPC HIPMI Talaud 2016-2018, Christian Maringka. “Di Talaud sendiri saya mengingatkan dan menghimbau Dinas Pertanian Talaud, agar dapat mengantisipasi rawan pangan jika kedepannya status darurat ini akan bertambah,” cakapnya kepada awak media, Kamis (26/3/2020).

“Saya mendesak agar dinas terkait memperhatikan hal ini, jika akan ada perpanjangan waktu terkait masa darurat Covid-19,” tambah Tian.

Pemerintah tidak boleh mengendorkan kewaspadaannya, sekalipun stok bahan pokok daerah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat untuk jangka waktu yang panjang. Perencanaan berkelanjutan perlu terus digodok pemerintah.

“Contoh untuk beras, dari Bulog sudah mengatakan stok tersedia untuk tiga bulan ke depan. Tapi, apakah jika diperpanjang status darurat ini persediaan akan tetap ada? Sementara kebutuhan terus meningkat,” nilainya.

Namun demikian, sinergitas warga Talaud juga diperlukan dalam kondisi ini. Supaya segala kebijakan dan program kerja pemerintah dapat terlaksana dengan efektif. Demi menangkal imbas jangka panjang dari Covid-19.

“Saya juga menghimbau kepada Dinas Pertanian bersama masyarakat, agar mengadakan bercocok tanam atau menanam kebutuhan-kebutuhan pokok. Seperti jagung sebagai pengganti beras, rica, tomat, dan lain sebagainya. Agar ketersediaan itu terus ada dan tidak terjadi rawan pangan,” pinta Tian.

“Covid-19 sudah memasuki Indonesia. Terlebih khususnya di Sulut. Maka dari itu, kita harus menjaga diri masing-masing agar terhindar dari virus ini,” tandasnya. (RE)