Pemkot Manado Liburkan Sekolah Hingga 29 Mei 2020

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah kota telah memutuskan menambah masa libur satuan pendidikan di Manado, hingga 29 Mei 2020. Satuan pendidikan yang dimaksud, meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Berdoa itu.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Keputusan Walikota Manado Nomor: 044/D.01/DIKBUD/218/2020, Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Penetapan ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 4 Tahun 2020, dengan perihal yang sama. Ini juga mempertimbangkan perkembangan penyebaran Covid-19 di daerah, yang berpotensi mengancam keselamatan warga sekolah.

Beberapa hal yang diatur dalam surat tersebut, terdiri dari periode peliburan lembaga pendidikan, Ujian Nasional (UN) ujian sekolah, kelulusan siswa, kenaikan kelas, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dana bantuan operasional sekolah, dan bantuan operasional pendidikan.

Adapun, keputusan ini sewaktu-waktu berpotensi mengalami perubahan, dikarenakan status pandemi yang rentan diprediksi jangka waktunya. Sehingga pemerintah dan stakeholder terkait, akan terus menyesuaikan segala regulasi demi mendukung penanganan wabah ini. Seperti halnya tersematkan dalam poin pertama surat edaran.

“Kegiatan belajar-mengajar pada satuan pendidikan diliburkan, terhitung mulai tanggal 20 Maret 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. Dan dapat diperpanjang atau diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana,” bunyinya. (RE)