Pemerintah Sulut Konsolidasi Daerah, Mantapkan Pencegahan Corona

Walikota Manado mengikuti rapat telekonferensi pemerintah Sulut. (Dok. Pemkot Manado)

KOMUNIKASULUT.COM – Jajaran Pemerintah Daerah, Kabupaten, dan Kota di Sulawesi Utara mengadakan rapat serentak, untuk menindaklanjuti langkah serius dalam mencegah semakin merebaknya wabah Covid-19 di kawasan Bumi Nyiur Melambai. Mengingat data terbarukan dari website pemantauan corona di Sulut, mencatat sudah ada 394 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 16 Pasien Dalam Pemantauan (PDP), dan 3 orang positif terinfeksi (dua dirawat, satu meninggal).

Rapat berlangsung dengan mekanisme telekonferensi pada Selasa (31/3/2020), yang merundingkan sejumlah perencanaan substansial. Yang akan mengkolaborasikan beberapa kebijakan dari level kabupaten/kota, provinsi, dan pemerintah pusat. Namun satu hal yang paling signifikan adalah, perancangan anggaran untuk penanggulangan pandemi di daerah.

“Fokus dari rapat ini adalah penanganan Covid-19. Dimana perkembangannya sangat luar biasa. Antara lain yang kita dengarkan bersama-sama, ialah perkembangan dampak Covid-19 pada kehidupan masyarakat. Sehingga ada kebijakan-kebijakan dari pusat dan provinsi yang harus dilaksanakan, antara lain petunjuk penggeseran mata anggaran yang tentunya bisa diarahkan untuk penanganan Covid-19,” terang Walikota Manado, Dr. Ir. G.S. Vicky Lumentut, S.H, M.Sc, DEA.

Dalam rangkaian sesi rapat, Walikota Manado banyak berdialog dengan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E. Diawali dengan himbauan pemerintah provinsi untuk mengikuti semua protokol kesehatan, seperti memperketat pemberlakuan physical distancing di tengah masyarakat. Juga pemaparan skenario kebijakan pemerintah pusat untuk menstabilkan ekonomi, akibat dampak Covid-19.

Sedangkan, Pemerintah Kota Manado melaporkan perkembangan beberapa hal terkait instruksi kesehatan, pengamanan jaring sosial, dan dampak ekonomi sebagai fokus pemerintah pusat saat ini, untuk diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia. Juga menyoal tahapan-tahapan pencegahan yang sudah dilakukan secara masif, sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19 di Ibukota Provinsi Sulut itu.

Dalam rapat daring tersebut, Walikota didampingi Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Crusva Semuel Lakat, S.H, M.H; Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 di Manado, drg. Sanil Marentek; dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manado, Erwin Kontu, S.H. (RE)