Mangindaan Klarifikasi Kondisi Temannya yang Diduga Positif Covid-19

harley mangindaan dan saltima tanjong
Video call Harley Mangindaan dan Saltima Tanjong.

KOMUNIKASULUT.COM – Harley Mangindaan mencoba mengklarifikasi status positif Covid-19 yang ditudingkan kepada temannya, yakni Saltima Ripi Tanjong. Saltima juga merupakan istri dari Dandim 1309/Manado, Kolonel Arh Christian Noel Frederik Tanjong.

Pasalnya ada informasi liar di kalangan jejaring media sosial Ai (sapaan akrab), yang mencoba mendramatisir kejadian, memprofokasi isu, dan membelokkan kebenaran kabar tersebut. Sehingga ini perlu untuk diluruskan, dimulai dengan mengonfirmasi langsung pihak yang bersangkutan.

“Tadi saat saya lakukan konfirmasi ke Dandim, beliau menuturkan orang yang bertemu dengan istrinya sampai saat ini tidak ada yang dikabarkan sakit. Beliau juga mengakui, dirinya sendiri sudah mengikuti dua kali rapid test dan hasilnya negatif,” buka Ai.

Ai juga telah mengecek keadaan aktual Saltima, melalui komunikasi daring pada Selasa (7/4/2020). “Melalui video call, Saltima Tanjong mengatakan keadaannya baik-baik saja,” klaimnya.

Saltima sekaligus merincikan riwayat perjalanannya selama berada di luar negeri, hingga kembali ke daerah. “Saltima Tanjong menceritakan keberangkatannya ke Israel pada 3 Maret hingga 13 Maret. Lalu kembali ke Jakarta pada 14 Maret, dan langsung beranjak ke Makasar. Sampainya di sana, ia melanjutkan perjalanan menggunakan bis ke Toraja,” jabar Ai.

“Tanggal 22 Maret Saltima kembali ke Makasar dan langsung ke Manado. Saat tiba di Manado pada 23 Maret,  ia langsung mengisolasi diri secara mandiri di rumah. Pada 4 April Saltima masuk ke Rumah Sakit Robert Wolter Monginsidi Teling, dengan kondisi sehat. Tidak batuk, tidak sesak napas, tidak demam, suhu badan 35.5, nafsu makan bagus, tekanan darah dan lainnya normal,” tambah Ai.

Diketahui, akar informasinya ketika Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut memperbaharui perkembangan kasus wabah di Bumi Nyiur Melambai, Senin (6/4/2020). Dikatakan dr. Steaven Dandel, MPH, terdapat dua orang positif corona (49 dan 42 tahun) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri. Dan keduanya telah terkonfirmasi mengidap virus, usai diperoleh hasil rapid test serta swab. (RE)