TikTok Donasikan 100 Miliar untuk Penanganan Corona Indonesia

tik tok sumbang 10 m
Simbolis penyerahan bantuan kepada pemerintah. (Dok. BNPB)

KOMUNIKASULUT.COM – Dalam upaya penanganan Covid-19, Indonesia telah beroleh banyak bantuan dari beragam pihak. Baik dari negara tetangga, perusahaan swasta, kelompok/organisasi masyarakat, perseorangan, dan pihak lainnya.

Kali ini sokongan dana datang dari salah satu perusahaan jaringan sosial-platform vidio musik terbesar asal Tiongkok, yakni TikTok. Bantuan diberikan secara resmi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dalam sesi konferensi pers di Graha Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Kamis (9/4/2020).

Nominal yang di donasikan tidak tanggung-tanggung, yaitu Seratus Miliar Rupiah. Dana ini ditujukan untuk mencukupi segala aspek kebutuhan pemerintah, dalam menanggulangi penyebaran wabah di daerah-daerah terpapar.

“Situasi Covid-19 saat ini merupakan tantangan kita semua. Tidak hanya di Indonesia tapi juga global. Kami harapkan donasi 100 Miliar Rupiah dapat meringankan dan mendukung tenaga medis. Baik untuk kesejahteraan mereka dan pengadaan alat pelindung diri, juga alat-alat lain yang dibutuhkan,” kata Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia dan Filipina, Donny Eryastha.

“TikTok sebagai platform global berterima kasih atas kesempatan untuk bisa ikut berperan dalam penanganan Covid-19. Dan di Indonesia kami dapat berkolaborasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta BNPB,” tambah Donny, selaku perwakilan perusahaan untuk penyerahan bantuan.

Dengan demikian, pemerintah mengutamakan penggunaan dana tersebut untuk menopang segala keperluan teknis dari sektor kesehatan. Baik dari level paling bawah hingga yang jadi sentral untuk memerangi pandemi ini. Dengan transparansi penggunaan dana yang bisa dipertanggung jawabkan.

“Dana 100 Miliar Rupiah ini akan kami prioritaskan kepada tenaga kesehatan. Kepada para dokter, perawat, dan pekerja rumah sakit. Seperti para pegawai, pengemudi mobil ambulans, dan semua karyawan yang pada saatnya melayani kasus Covid-19,” jelas Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada TikTok yang telah mendonasikan dana yang cukup besar. Karenanya kepada para dokter, perawat, dan semua tenaga kesehatan, tetaplah berjuang untuk kepentingan kemanusiaan,” tandasnya. (RE)