Warga Manado Segera Terima Paket Sembako Pemerintah

pemkot manado tinjau bulog
Pemkot Manado meninjau ketersediaan beras. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah kota segera mendistribusikan 100 ton beras dan paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako), bagi masyarakat yang berdomisili di Manado. Ini menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat, untuk menjamin ketersediaan pangan warga di daerah terdampak pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19.

Menjelang pelaksanaannya, Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Manado, Drs. Sonny Takumansang, M.Si, meminta kerja sama seluruh warga dan pemerintah di teras lingkungan, untuk menjaga pembagiannya agar sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah kota.

“Ada mekanisme atau aturan yang harus kita lihat dalam penyaluran tersebut. Di mana nama-nama terdampak Covid-19 sebagai penerima Sembako, yang sudah dimasukkan ke Dinas Sosial Kota, wajib dilengkapi dengan NIK sebagai penduduk Manado,” jelasnya, Kamis (9/4/2020).

“Kemudian divalidasi dengan cara diumumkan kembali nama-nama calon penerima Sembako di masing-masing lingkungan, oleh kepala lingkungan melalui pengeras suara atau toa. Tahapan ini dilakukan agar rakyat juga mengetahui siapa-siapa calon penerima bantuan Sembako yang benar-benar terdampak wabah Covid-19,” tambah Takumansang.

Saat ini pemerintah kota sedang melakukan validasi, terhadap jumlah akumulatif para penerima Sembako di Manado. Nantinya akan diterbitkan Surat Keputusan Walikota, yang berisikan nama-nama definitif warga yang layak meraup bantuan tersebut.

“Dari hasil validasi data lingkungan, bisa bertambah atau berkurang jumlah penerimanya. Dan data terakhirnya akan dibuatkan Surat Keputusan Walikota, sebagai penerima bantuan Sembako dari Pemerintah Kota Manado,” terang Takumansang.

Dengan demikian, dirinya mengharapkan, “ Kerja sama kita semua, baik Camat, Lurah, kepala lingkungan, dan masyarakat bersama, untuk mengawasi mekanisme penyaluran sembako. Agar tepat sasaran kepada warga yang terdampak Covid-19.” (RE)