Bantuan Tak Kunjung Tiba, Pemkot Manado Patungan Adakan 1000 APD

walikota manado
Dr. Ir. G.S. Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Kota Manado telah berinisiasi menyisihkan anggaran pribadinya, untuk menyediakan berbagai peranti kesehatan yang dibutuhkan tenaga medis dalam menyokong upaya penanggulangan Covid-19 di daerah.

Dr. Ir. G.S. Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA, bersama pejabat teras Kota Manado memutuskan patungan membeli 1000 Alat Pelindung Diri (APD), yang sudah mendesak diperlukan di berbagai Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Uang dari saya dan uang dari teman-teman perangkat daerah yang dikumpul, itu akan kami belikan 1000 APD untuk dibagikan ke semua Puskesmas di Manado. Karena itu, para tenaga medis agar bersabar menantikan APD tersebut,” jelas Walikota, Jumat (10/4/2020).

Langkah ini sehubungan belum adanya bantuan alat medis, yang dijanjikan pemerintah pusat di Kota Manado. Yang mana, ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah sebagai jembatan penyaluran sokongan tersebut.

“Sampai saat ini Manado belum dapat APD itu. Karena belum ada bantuan APD dari Pemprov Sulut, maka kami bermohon bantuan ke pemerintah pusat. Tapi jawabannya dikembalikan ke Pemprov Sulut. Karena mereka yang distribusikan,” ungkap Vicky kepada awak media.

Diketahui, pekan ini pemerintah pusat mulai mengedarkan (total) dua juta paket APD, untuk tenaga medis di daerah terpapar wabah. Penyaluran ini sendiri, menjadi bagian dari 18 juta target produksi APD di sepanjang April 2020.  (RE)