Corona 13 April: 4557 Kasus, 380 Sembuh, 399 Meninggal

tabel update corona 13 april 2020

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah memperbaharui perkembangan Covid-19 dari daerah-daerah terwabah Indonesia. Saat ini jumlah kasus positif corona menjadi 4.557, jumlah pasien sembuh dan bisa dipulangkan menjadi 380, serta jumlah pasien yang meninggal menjadi 399.

Informasi ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, dalam keterangan persnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin (13/4/2020).

“Pada pemeriksaan hari ini, kita dapatkan kasus konfirmasi positif sebanyak 316 orang. Sehingga total kasus kita menjadi 4.557 orang. Yang menjadi sembuh sudah ada 380 orang. Yang terpaksa harus meninggal pada hari ini, terhitung dari kemarin ada 26 orang. sehingga totalnya menjadi 399 orang,” urainya.

Achmad juga merangkum latar belakang kematian dari korban Covid-19. Dominannya memiliki penyakit bawaan dan komplikasi, yang menjadi mematikan ketika terpadukan dengan komponen corona. Terlebih yang memiliki riwayat penyakit paru.

“Sebagian besar dari yang meninggal ini, terutama pada kelompok usia di atas 50 tahun, dan memiliki penyakit-penyakit kumorbit atau penyakit-penyakit sebelumnya. di antaranya dari data yang kami miliki adalah tekanan darah tinggi yang sudah bertahun-tahun, diabetes, kencing manis, dan beberapa penyakit paru-paru kronis. Semisal asma, bronkitis dan TBC,” jelas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI itu.

Berdasarkan tabel penyebaran wabah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat 34 provinsi yang terkonfirmasi memiliki kasus positif corona. Selain itu terdapat 26 kasus lain yang sementara proses verifikasi lapangan, sehingga belum diklasifikasikan dalam wilayah domisilinya. (RE)