Corona 14 April: 4839 Kasus, 426 Sembuh, 459 Meninggal

tabel update corona 14 april 2020

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah memperbaharui perkembangan Covid-19 dari daerah-daerah terwabah Indonesia. Saat ini jumlah kasus positif corona menjadi 4.839, jumlah pasien sembuh dan bisa dipulangkan menjadi 426, serta jumlah pasien yang meninggal menjadi 459.

Informasi ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, dalam keterangan persnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Selasa (14/4/2020).

“Sudah terkonfirmasi positif Covid-19 melalui pemeriksaan real time PCR, bertambah 282 orang. Sehingga menjadi 4.839 orang. Sementara kita bersyukur cukup banyak pasien yang sudah sembuh, sudah ada 46 orang. Sehingga menjadi 426 orang sampai dengan hari ini akumulasinya. Ini yang kemudian kita prihatinkan, masih saja ada 60 saudara kita yang terpaksa meninggal. Sehingga menjadi 459 orang,” paparnya.

Achmad juga mengingatkan masyarakat tentang penyakit bawaan, yang menjadi salah satu faktor kritis dalam meningkatkan persentase kematian pengidap virus ini. Untuk itu masyarakat harus menyadari kondisi kesehatan masing-masing, di tengah situasi pandemi saat ini.

“Data yang kita kaji lebih dalam, ternyata banyak faktor-faktor penyakit komorbit atau pemberat yang menjadi dasar meninggalnya kasus-kasu tersebut. Di antaranya kita melihat faktor penyakit hipertensi, sesak nafas karena ada kelainan pada paru-paru, seperti asma, dan TBC. Ini juga menjadi penyebab meninggalnya kasus-kasus Covid-19, termasuk di antaranya adalah diabetes,” ungkapnya.

Berdasarkan tabel penyebaran wabah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terdapat 34 provinsi yang terkonfirmasi memiliki kasus positif corona. Selain itu terdapat 26 kasus lain yang sementara proses verifikasi lapangan, sehingga belum diklasifikasikan dalam wilayah domisilinya. (RE)