DPRD Mulai Evaluasi Kinerja Pemprov dan SKPD Sulut

Suasana rapat Pansus LKPJ DPRD Sulut.

KOMUNIKASULUT.COM – DPRD Sulut menggelar rapat dengan agenda pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2019 dari Pemprov Sulut dan SKPD, Selasa (21/4/2020).

Rapat dipimpin Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Sulut, yang diketuai Rocky Wowor beserta jajaran anggotanya. Secara keseluruhan, agenda kegiatan berlangsung lancar dengan beberapa pengecualian.

“Semuanya berjalan normal, hanya Dinas Pendidikan Sulut saja yang agak alot,” rangkum Rocky kepada awak media.

Dari seluruh stakeholder pemerintahan yang dievaluasi, kinerja Dinas Pendidikan Daerah Sulut menjadi sorotan Pansus karena beberapa hal, “Terkait Sulut berada di urutan 31 dan 34 di sejumlah aspek pendidikan, itu banyak dipertanyakan rekan-rekan. Apakah Sulut hanya bisa sejauh itu kualitasnya?” cetus Rocky.

“Ada beberapa hal yang kita tekankan tadi. Yang sebenarnya tidak tertata di program 2019, tapi ada lampirannya disitu. Kita menilainya sebagai copy paste kalau program tidak anggarkan. Jadi tidak perlu tertera disitu lalu dituliskan pencapaiannya nol,” tambahnya.

“Dan yang sangat kita perhatikan sekali soal beasiswa,” serta Rocky, “Dari 151025 jadi 369, kan sangat turun jauh. Setiap hari bahan pokok makin naik, transportasi naik, harga minyak naik, tapi justru bantuan turun drastis. Kalau dari sepuluh tinggal menjadi tiga?”

Namun demikian, hal tersebut sudah selesai dirundingkan Pansus dengan kepala dinas terkait. Sehingga disepakati untuk direvisi pada agenda pembahasan berikutnya. Baik materi LKPJ yang terdapat kekeliruan, maupun kinerja dari SKPD yang bersangkutan.

“Tapi tadi sudah dijawab oleh Ibu Kadis. Katanya ada pergantian staf baru, sehingga banyak kekeliruan,” pungkas Ketua Fraksi PDIP di DPRD Sulut itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Edwin H. Silangen, S.E, M.S, beserta Asisten 1,2,3 dan pejabat biro yang dinaunginya. Juga para Kepala Dinas, Kepala Biro, dan Kepala Bidang dari SKPD.

SKPD yang ikut serta, terdiri dari Dinas Koperasi dan UKM Sulut; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulut; Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sulut; dan Dinas Pendidikan Daerah Sulut.

Diketahui, rapat Pansus LKPJ DPRD Sulut akan berlangsung sampai Jumat (24/4/2020).  Perangkat pemerintah yang sudah selesai dievaluasi pada tahap ini, akan ditindaklanjuti dalam rapat finalisasi mendatang. (RE)