Jelang Ramadhan, Pemkab Talaud Siapkan Bantuan Bagi Umat Muslim

bupati talaud
dr. Elly Engelbert Lasut, M.E.

KOMUNIKASULUT.COM – Jelang Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud akan menyiapkan bantuan untuk Umat Muslim yang tersebar di seluruh wilayah di sana.

Ini juga sebagai bentuk perhatian Bupati dr. Elly Engelbert Lasut, M.E, dan Wakil Bupati Drs. Mokthar Arunde Parapaga kepada mereka. Karena harus merayakan Idul Fitri di tengah iklim pandemi Covid-19 yang sedang melanda.

“Pemberian bantuan kemanusiaan kepada Umat Muslim di Talaud, adalah bagian upaya pemerintah dalam rangka penghormatan Umat Muslim di tengah dampak pandemi Covid-19,” jamin Bupati melalui awak media.

Dengan demikian, Elly menghimbau masyarakat untuk menunggu dengan tenang. Karena pemerintah sementara melakukan pendataan semua Umat Muslim di wilayah domisilinya masing-masing.

“Jadi sabar sedikit, sambil menunggu pendataan dari Dinas Sosial dan para Camat, terhadap warga Muslim yang berhak mendapat bantuan dari pemerintah daerah,” pesannya.

Diketahui, Umat Islam Indonesia sedang menunggu sidang isbat 1 Ramadhan 2020 yang akan diadakan pemerintah pada Kamis (23/4/2020), sebagai penentu awal puasa dan Idul Fitri di tahun 2020. Namun demikian, sudah ada organisasi masyarakat yang memberikan gambaran soal itu.

Sebelumnya Muhammadiyah telah merilis hasil hisab yang menentukan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1441 H. Dan Awal Ramadhan ditetapkan pada 24 April 2020; sementara Idul Fitri pada 24 Mei 2020 setelah puasa 30 hari; 1 Zulhijah jatuh pada hari 22 Juli 2020; Hari Arafah 9 Zulhijah pada 30 Juli 2020; Idul Adha 10 Zulhijah pada 31 Juli 2020. (MN)