Kejari Talaud Gelar Sidang Tipikor Online: Kasus Pengadaan Lampu Hias

kepala seksi tindakan pidana khusus kejari talaud
M. Amin, S.H.

KOMUNIKASULUT.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Talaud terus berbenah dalam menangani pelaku Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Ini terlihat pada upaya inovatif dan adaptif Kejari Talaud, yang mulai menggunakan sarana media daring untuk melangsungkan sidang.

Kendati sedang di tengah penjalaran Covid-19, namun Kejari Talaud tidak menghentikan upaya pemberantasan korupsi di Bumi Porodisa.

“Sesuai Protap (Prosedur Tetap, red) pemerintah pada situasi Covid-19 ini, maka proses sidang dilakukan secara online. Dengan tetap menerapkan social distancing dan physical distancing,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Talaud, M. Amin, S.H.

“Pada pekan lalu Pidsus Kejari Talaud melaksanakan persidangan online perkara Tipikor atas terdakwa Y.S, dengan agenda persidangan pemeriksaan saksi mahkota. Y.S selaku pelaksana pekerjaan pengadaan lampu hias jalan, di Kota Melonguane, pada Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Talaud T.A. 2018,” sambungnya.

Diduga terjadi penyalahgunaan keuangan negara sebanyak Rp 1.127.753.482 pada proyek pengadaan tersebut. Di tengah jalannya persidangan, terungkap siapa dalang dibalik keberadaan Y.S, yang menyebut E.D sebagai orang yang memberi perintah dalam pengadaan proyek itu.

“Pada kasus ini, kami akan segera menindaklanjuti fakta baru yang terungkap di persidangan,” tandas Amin, seusai menggelar persidangan melalui video conference. (MN)