Mahasiswa Jangan Boroskan Bantuan Internet Unsrat untuk ‘Hiburan’

universitas sam ratulangi manado

KOMUNIKASULUT.COM – Sejumlah pimpinan organisasi mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, mewanti-wanti civitas akademika agar menggunakan bantuan kuota internet gratis untuk kepentingan kuliah daring. Bukan memboroskannya untuk sekedar hiburan.

Ketua Lembaga Advokasi Mahasiswa (LAM) Fakultas Hukum, Pascal Toloh, mengajak kawan-kawan sejawatnya memanfaatkan bantuan ini secara tepat dan efektif. Terlebih khusus untuk kebutuhan akademik.

“Gunakan bantuan ini sebagai fasilitas pembelajaran. Yang bisa membantu efektivitas kegiatan akademik mahasiswa, lewat sistem daring. Jangan sia-siakan bantuan ini untuk kepentingan lain. Karena ini adalah buah dari pembayaran UKT yang orang tua kita berikan. Untuk itu manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya,” himbau Pascal.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol), Michael Tindi, mengingatkan tujuan utama dari pemberian bantuan tersebut. Sehingga dimohonkan diberdayakan sebagaimana mestinya.

“Kuota yang diberikan bertujuan untuk membantu kita mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Baik dalam perkuliahan online atau memudahkan kita berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Bukan digunakan untuk bermain game online atau streaming film korea yang berlebihan,” pesan Michael, dalam keterangannya kepada KOMUNIKASULUT.COM, Senin (27/4/2020).

Diketahui, Unsrat menggandeng Telkomsel dan Indosat untuk memberikan subsidi kuota internet sebesar 50 GB (seharga Rp 100.000), kepada seluruh mahasiswa semester genap (2019/2020) yang tersebar di sebelas fakultas.

Masa berlaku kuota internetnya hanya 30 hari saja. Terhitung sejak mahasiswa selesai melakukan verifikasi administrasi, dari operator yang tersedia untuk digunakan. Masa pendaftaran sudah dimulai pada 18 April 2020 dan ditutup pada 25 April 2020.

Setelahnya, mahasiswa dapat langsung mengaksesnya untuk mendukung proses perkuliahan daring. Begitupun untuk segala wujud aktivitas akademik yang perlu dituntaskan. (yaya)