Rapat Perdana Relawan Covid-19 Talaud, Rancangkan Pencegahan Pandemi

rapat perdana relawan corona talaud
Rapat perdana Relawan Covid-19 Talaud. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Relawan Covid-19 di Talaud mulai bergerak, merancangkan langkah percepatan penanganan corona di Bumi Porodisa. Rapat perdana dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Talaud, Kecamatan Melonguane, Rabu (29/4/2020).

Meski baru dilantik pada 28 April 2020, seluruh anggota langsung membuktikan kesungguhannya untuk menghalau kedatangan pandemi di daerah mereka. Agenda rapat menyusun tindakan strategis dan preventif, terhadap penjalaran corona di tengah masyarakat. Juga untuk menyamakan visi, misi, dan program, dengan seluruh komponen di Talaud.

“Apa yang disampaikan Bupati Talaud E2L saat pengukuhan, jadi pedoman tim relawan untuk bergerak cepat. Peningkatan kinerja seluruh tim relawan harus sepaham dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Pemkab,” sebut Koordinator Bidang Program Relawan Covid-19 Talaud, Paulus Pangau, S.T.

“Baik di kecamatan maupun desa, upaya ketika berada di lapangan harus sinkron. Walaupun tugas pokok dan fungsi berbeda-beda, tapi kita harus punya satu tujuan. Guna memutus mata rantai penyebaran coona di Kabupaten Talaud,” sambungnya.

Begitupun, ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang perlu dimatangkan bersama. Sehingga tidak ada tumpang tindih saat eksekusi di lapangan. Pun sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat, sampai di tingkat masyarakat.

“Dalam menjalankan tugas sebagai tim relawan, harus berpedoman pada protokol kesehatan. Supaya dalam pelaksanaannya semua program tidak berbenturan dengan aturan. Teknis pekerjaan relawan harus sesuai protokol kesehatan. Sehingga bisa sesuai dengan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah,” papar Pangau.

“Karena tim relawan juga punya tanggung jawab sangat berat. Semisal, bagaimana cara kita memberikan edukasi tentang pola hidup sehat, sehingga masyarakat benar-benar merasa aman dan nyaman, di tengah mewabahnya virus corana ini,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Koordinator Bidang Organisasi dan Pengendalian Relawan Covid-19 Talaud, Drs. Engelbertus Tatibi, M.E, mengarahkan relawan agar terlebih dulu paham dengan tupoksinya masing-masing. Sekalipun ada sinkronisasi, bukan berarti akan merangkapi peran stakeholder yang lain.

“Tim relawan sudah ada peran maupun tanggung jawabnya. Oleh sebab itu, saya mengajak anggota tim bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 yang sudah dibentuk sebelumnya. Agar tidak timpah tindih,” pesannya.

“Dengan adanya peran masing-masing di tim. Kita harus menyatukan pemikiran untuk Kabupaten Talaud, sehingga corona ini benar-benar hilang dari Tanah Porodisa. Tim Relawan juga akan memantau dan mengawasi penyaluran bantuan, yang telah disalurkan Pemkab Talaud di masyarakat,” tambah Tatibi.

Dengan demikian, Sekretaris Relawan Covid-19 Talaud, Renalto Tumarah, SIP, juga menginginkan tim ini mampu menjadi pilar yang menopang pemerintah dalam menetralisir corona di daerah. “Kita berharap tim relawan bisa menjadi patokan untuk membantu pemerintah daerah, dalam memutus mata rantai wabah Covid-19 di Kabupaten Talaud,” pungkasnya.

Salah satu output rapat adalah, relawan membagi empat kelompok kerja yang berisikan empat orang. Salah satunya menjadi koordinator dan memimpin tiga anggota lainnya. Empat kelompok ini telah menjatahkan tugasnya masing-masing, di 19 kecamatan Talaud. (MN)