Sulut Miliki Lab PCR, Penanganan Corona Diharapkan Lebih Efektif

wenny lumentut dan olly dondokambey
Wenny Lumentut (kiri) dan Olly Dondokambey, S.E (kanan). (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Kini Sulawesi Utara sudah memiliki laboratoriun Polymerase Chain Reaction (PCR). Ini merupakan bentuk keseriusan Olly Dondokambey dan Steven Kandou, dalam menekan angka penjalaran Covid-19.

Upaya ini menuai respon positif dari salah seorang legislator kawakan di Bumi Nyiur Melambai, yakni Wenny Lumentut.

“Pemeriksaan sampel pasien terkait Covid-19 akan lebih cepat. Karena katanya kan rata-rata hanya membutuhkan waktu sampai 9 sampai 12 jam. Terobosan ini sangat bermanfaat bagi daerah,” tutur Wenny, Selasa (5/5/2020).

Dengan bertambahnya fasilitas kesehatan di Sulut, otomatis akan memperbesar persentase keberhasilan penanganan corona.

“Dengan kehadiran laboratorium ini, deteksi dini dalam mencegah penyebaran dan penularan akan berhasil menekan jumlah orang tertular. Dalam waktu relatif singkat,” jelas Wenny.

Di sisi lain, Pemprov Sulut tetap perlu melaksanakan uji PCR massal. “Sehingga, akan memberikan data cukup untuk memberikan gambaran yang akurat, bagaimana sebenarnya sebaran corona virus di daerah,” sertanya.

Dengan demikian, Wenny berharap setelah dilakukannya pemeriksaan masal nantinya , data ini dapat menjadi rujukan dalam penanganan Covid 19.

“Saat diketahui hasil uji masal, perumusan langkah-langkah dan kebijakan yang tepat untuk menekan penyebaran biang penyakit ini akan semakin terarah,” tandasnya. (RE)