2 Tahun Derita Gagal Ginjal, Ika Mangindaan Hembuskan Nafas Terakhir

ika mangindaan meninggal
Siska R.O. Mangindaan, S.S, M.Si.

KOMUNIKASULUT.COM – Mantan Anggota DPRD Sulut periode 2014-2019, Siska R.O. Mangindaan, S.S, M.Si, telah berpulang kepada Sang Pencipta pada Selasa (5/5/2020) pukul 23.48 WITA.

Ika (sapaan akrab) menghembuskan nafas terakhirnya di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, saat akan menjalani proses cuci darah. Ini merupakan imbas dari penyakit Gagal Ginjal akut, yang sudah diderita Ika selama dua tahun terakhir.

Kepada KOMUNIKASULUT.COM, Dr. Harley Benfica Alfredo Mangindaan, S.E, MSM, menerangkan garis besar dari penyebab kematian adiknya tersebut.

“Jumat (30/4) lalu, Ika sempat menjalani cuci darah di RS Siloam, Manado. Saat itu memang kondisinya kurang stabil karena telah lewati jadwal yang seharusnya. Tapi ia masih mampu melaluinya,” tuturnya.

“Hari ini, Selasa (6/5) sebenarnya adalah jadwal bagi Ika untuk melakukan cuci darah lagi. Tapi dalam proses persiapan, kondisi tubuhnya kembali menunjukkan ketidakstabilan. Setelah dilakukan koordinasi, akhirnya Ika dirujuk dari R.S Siloam ke RSUD Prof. Kandou untuk jalani kembali proses tahapannya,” tambah Ai.

Menurutnya, Pukul 23.40 Wita, dokter memanggil keluarga untuk memberitahukan kondisi pasien yang beresiko tinggi bila melakukan cuci darah. Sehingga ingin meminta tanda tangan, sebagai izin keluarga untuk melanjutkan proses itu. Namun di tengah proses tersebut, Ika sudah lebih dulu menghembuskan nafas terakhirnya.

Sebelumnya, Ika Mangindaan telah diambil sampel Rapid test sebanyak dua kali yang hasilnya Negatif Covid19. Sehingga menurut Ai, setelah berkoordinasi dengan Tim Covid19 yang ada di RSUD Prof. Kandou, maka telah dipastikan adiknya murni meninggal karena penyakit gagal ginjal yang telah diderita selama 2 tahun.  (MT)