Update Corona Sulut: 0 Kasus Baru, 17 Sembuh, 4 Meninggal

steaven dandel
dr. Steaven P. Dandel, MPH. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memperbaharui perkembangan penjalaran pandemi corona di Bumi Nyiur Melambai, Rabu (6/5/2020).

Ini disampaikan Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid-19, dr. Steaven P. Dandel, MPH, dari ruangan press conference Pemprov Sulut. Meliputi akumulasi kasus positif, kasus sembuh, kasus kematian, Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Pasien yang terkonfirmasi positif jumlahnya masih sama. Yang sembuh juga masih sama, 17 orang. Yang baru meninggal adalah 4 orang. Sedangkan pasien yang sementara perawatan di rumah sakit ada 24 orang, dengan berstatus aktif,” buka Dandel.

“Orang yang meninggal di antaranya adalah bayi wanita umur satu hari dari Minsel. Yang bersangkutan baru dilahirkan dengan metode sexo caesarea. Lalu terdapat wanita 70 tahun asal Manado, wanita 56 tahun asal Minahasa, pria 46 tahun asal Bolmong, dan pria 70 tahun asal Manado,” imbuhnya.

Adapun jumlah PDP meningkat jadi 103 orang. Kesemuanya sementara menjalani opname di sejumlah rumah sakit di daerah. “Kita masih ada 133 ODP yang kita pantau di 15 Kabupaten/Kota. Juga terdapat 103 PDP yang sementara dirawat di sejumlah rumah sakit,” jabar Jubir.

“RS Prof. Kandou ada 32, RS Bhayangkara 6, RS Anugerah Tomohon 2, RS Wolter Monginsidi 16, RS Sam Ratulangi Tondano 1, RS Pobundayan Kotamobagu 4, RS Walanda Maramis 3, RS Bolmut 3, RS Manembonembo Bitung 6, RS Pancaran Kasih 19, RS Datoe Binangkang Bolmong 2, RS Bethesda 5, RS Talaud 1, RS Siloam Paal Dua 1, RS MMC 1, RS Aloei Saboe Gorontalo 1,” tambahnya.

Dengan demikian, Manado masih Kota terbanyak yang mengoleksi kasus PDP di antara Kabupaten lainnya. Ada juga 1 orang PDP sedang ditelusuri asal-muasal domisilinya, sehingga masih tahapan verifikasi faktual.

“Manado masih menyumbang angka terbanyak, yakni 38. Tomohon ada 7, Minahasa 11, Minut 12, Bitung 13, Minsel 5, Kotamobagu 4, Bolmut 4, Bolmong 3, Sangihe 1, Talaud 1, Boltim 1, dari luar, daerah ada 1, dan yang sementara verifikasi alamat ada 1,” pungkas Dandel. (YA2)