Sulut Berpotensi Ketambahan Enam Kasus Positif Corona

steaven dandel
dr. Steaven P. Dandel, MPH. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sulawesi Utara berpotensi ketambahan enam kasus positif Covid-19 pada beberapa hari kedepan.

Namun kepastiannya masih menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Polymerase Chain Reactor (PCR), Balai Teknik Kesehatan Lingkungan untuk Pencegahan Penyakit (BTKLPP) di Manado. Juga verifikasi faktual dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut, dr. Steaven P. Dandel, MPH, dalam telekonferensi persnya bersama awak media dan stakeholder pemerintah, Jumat (8/5/2020).

“Walaupun informasi ini belum bisa terkonfirmasi, tapi saat ini ada enam kasus yang sementara diverifikasi Tim BTKLPP dan Kementerian Kesehatan. Kemungkinan besar ini akan menjadi kasus ketambahan positif di Sulut. Besok ada updatenya terkait ini,” klaimnya.

Untuk itu, selagi wabah belum benar-benar berakhir, masyarakat tidak boleh mengaburkan kesadarannya akan bahaya dari virus ini. Satu-satunya cara agar bisa selamat dan bertahan hingga akhir pandemi, adalah tidak berhenti melaksanakan semua anjuran pemerintah. Serta tidak mengendorkan kewaspadaan diri.

“Perlu kami sampaikan sedini mungkin, supaya ingin memberikan awareness kepada masyarakat agar lebih taat terhadap himbauan. Sekali lagi, pandemiknya belum sama sekali selesai. Kita masih terus mendeteksi, terus melakukan pengamatanan penyakit, dan surveillance. Sehingga masyarakat Sulut perlu memahami hal ini, dan tidak melonggarkan physical distancing,” tekan Dandel.

“Sekali lagi ini himbauan yang harus kami sampaikan kepada masyarakat, untuk tetap taat terhadap apa yang sudah dihimbau dan diatur pemerintah. Baik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tandasnya.

Meskipun pernyataan ini masih alot, namun Dandel akan menindaklanjutinya pada telekonferensi pers mendatang. Selagi menunggu hasil validasi dari pihak yang berkewenangan. (YA2)