Positif Corona di Sulut Bertambah Enam, Total 53 Orang

steaven dandel
dr. Steaven P. Dandel, MPH. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sulawesi Utara resmi ketambahan enam kasus positif Covid-19. Ini membuat akumulasi pasien corona di Sulut menjadi 53 orang.

Informasi tersebut dikonfirmasi Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulut, dr. Steaven P. Dandel, MPH, dalam telekonferensi persnya bersama awak media dan stakeholder pemerintah, Sabtu (9/5/2020).

“Ada pertambahan enam kasus positif Covid-19 di Sulut. Sehingga kasus positif Covid-19 di Sulut menjadi 53. Ini berdasarkan penyampaian Pemerintah Pusat melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Republik Indonesia, untuk perkembangan kasus corona di Indonesia. Termasuk di Sulut,” tuturnya.

Berikut poin pemaparan Dandel, terkait enam orang terkonfirmasi positif corona di Sulut:

(1) Kasus 48, anak perempuan umur 1 tahun asal Minahasa. Dirinya tidak ada riwayat perjalanan. Tapi menurut hasil penyelidikan epidemiologi, mobilisasi orang tuanya cukup tinggi. Terutama perjalanan antara Manado dan Minahasa. Tim surveillance juga menginfokan, ada tentangganya baru datang dari daerah transmisi Covid-19.

(2) Kasus 49, laki-laki umur 29 tahun asal Manado. Ia merupakan tenaga kesehatan di salah satu fasilitas pelayanan kesehatan Manado.

(3) Kasus 50, laki-laki umur 30 tahun asal Manado. Ia sama dengan kasus 49, merupakan tenaga kesehatan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan Manado.

(4) Kasus 51, laki-laki umur 54 tahun asal Manado. Sebelumnya tidak ada riwayat perjalanan ke mana pun.

(5) Kasus 52, perempuan umur 50 tahun asal Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Tidak ada riwayat perjalanan ke mana pun.

(6) Kasus 53, laki-laki usia 28 tahun asal Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Bolmut). Sebelumnya ia melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal, yakni Jakarta.

Sebelumnya Dandel telah mewanti-wanti, Sulut akan ketambahan enam pasian positif corona. Namun, pada waktu itu masih menunggu verifikasi Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP), serta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Kini sudah tervalidasi.

Dari 53 orang terkonfirmasi Covid-19 di Sulut, sebanyak empat orang telah meninggal dunia, 27 sudah sembuh, dan 23 sedang menjalani perawatan sebagai pasien aktif. Selain itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sulut sebanyak 123, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 99. (YA2)