Talaud Masih ‘Bebas’ Corona

kerry monangin
dr. Kerry Monangin. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Satu orang pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) di Desa Mangaran, Kecamatan Kabaruan, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan satu orang berstatus PDP di Desa Gemeh telah dinyatakan sembuh.

Ini dikonfirmasi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemkab Talaud, dr. Kerry Monangin kepada awak media, Jumat (8/5/2020).

“Dari hasil pemeriksaan Swab, OTG asal Mangaran dan PDP asal Gemeh, keduanya negatif Covid-19. Hasilnya keluar Jumat pagi. Ini diambil dari hasil Swab atau pemeriksaan tenggorokan dari Kota Makassar,” jawabnya.

“Hasil negatif ini, menimbulkan luapan kegembiraan tersendiri bagi masyarakat Talaud. Bahwa di daerah ini masih terbebas dari wabah virus corona yang mematikan,” tambah Jubir.

Sekalipun Talaud masih bebas dari wabah, masyarakat dan pemerintah tetap tidak boleh mengendorkan kewaspadaannya. Pedoman dan Protap pencegahan Corona harus selalu diterapkan dalam aktifitas sehari-hari.

“Kita tetap mengikuti anjuran pemerintah sesuai Protap. Untuk melaksanakan protokol kesehatan seperti pakai masker bila keluar rumah. Dan jaga jarak ketika berinteraksi serta rajin cuci tangan,” himbau Kerry.

“Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan makan makanan bergizi, jaga kebersihan dan istirahat yang cukup agar imun terjaga,” pungkasnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada kasus positif corona yang terdeteksi di Talaud. Begitupun dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Hanya saja, sudah ada empat warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Ini berdasarkan peta sebaran Covid-19 yang diterbitkan Pemerintah Provinsi Sulut. (MN)