Ini Klarifikasi Terkait Klaster Karombasan Menjadi Klaster Pasar Pinasungkulan

steaven dandel
dr. Steaven P. Dandel, MPH. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM- Istilah Klaster adalah istilah yang digunakan untuk mengelompokkan kasus yang terjadi secara massif dalam sebuah daerah tertentu.

Menurut, dr Steaven P. Dandel, MPH., Juru Bicara Percepatan Covid-19 Sulut bahwa Istilah klaster ini digunakan secara masif didalam konteks covid-19.

“Istilah klaster kemarin yang sudah kami sebutkan itu adalah sebutan untuk menggolongkan keterkaitan atau koneksi antara satu kasus dan kasus lainnya,” ungkapnya saat melakukan telekonferensi pers, pada Senin (11/5/2020).

“Dikota manado khususnya kami telah menemukan lewat penyelidikan epidemologik, ada tiga kasus yang terkait dalam satu lokasi karena mereka berinteraksi dilokasi pasar karombasan,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, ia pun mengklarifikasi pelabelan klaster karombasan menjadi “Klaster Pasar Pinasungkulan”. Hal ini  didasarkan klarifikasi resmi dari Pemkot Manado.

Di Indonesia sendiri, menurut Dandel, ada beberapa klaster yang sering kita dengar, seperti klaster gowa, klaster sampoerna, klaster Bandung, ada klaster Bogor, klaster takbir akbar Malaysia, dan masih banyak lagi. (YA2)