MJP Peka dengan Nasib Wartawan Terdampak Pandemi

MJP bersama Forward Sulut. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Pandemi Covid-19 melemahkan hampir seluruh bidang kehidupan manusia. Sektor ekonomi apalagi. Ini juga berimbas pada ranah profesi masyarakat global dari segala tingkatan. Pekerja media termasuk di dalamnya.

Hal ini rupanya tidak luput dari perhatian Melky Jakhin Pangemanan, S.IP, MAP, M.Si (MJP). Anggota DPRD Sulut Dapil Minut-Bitung itu, tidak hanya aktif mengabdikan dirinya kepada masyarakat kecil. Tapi juga peka dengan kebutuhan insan pers, yang menjadi mitra kerja para abdi rakyat.

Mengetahui bahwa ‘kuli tinta’ juga terimbas corona, MJP berinisiasi menyalurkan bantuan sembako bagi puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Forward Sulut (Forum Wartawan DPRD), Selasa (12/5/2020).

“Pembagian sembako ini sebagai bentuk solidaritas bagi rekan-rekan wartawan. Mengingat, situasi sosial ekonomi yang saat ini lagi sulit,” tutur Anggota Komisi IV DPRD Sulut tersebut.

MJP menilai, awak media punya peran sentral dalam mengedukasi masyarakat luas. Besarnya bobot tugas dan tanggung jawab yang diemban, seringkali membuat wartawan harus mengesampingkan prioritas lainnya. Terlebih yang sudah berkeluarga.

“Wartawan terus bekerja menyajikan berita dan edukasi kepada publik, tanpa kenal lelah. Ada istri, suami, dan anak yang ditinggalkan di rumah karena tuntutan profesi. Oleh karena itu, saya turut berempati dan memberi support. Paling tidak, bisa sedikit membantu rekan-rekan wartawan. Khususnya yang meliput di kantor DPRD Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Dengan demikian, MJP mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk Pers, agar terus bersinergi dalam melewati masa pandemi. Satu-satunya cara bertahan hingga akhir penjalaran, yaitu tidak berhenti menjalankan disiplin kesehatan yang dipedomankan pemerintah.

“Mari sama-sama kita bergandengan tangan dan berdoa. Agar semua bisa segera kembali normal, serta terus disiplin untuk menerapkan anjuran dari pemerintah,” pungkas legislator dari Fraksi PSI tersebut.

Pembagian sembako berlangsung di areal Sekretariat DPRD Sulut, dengan tetap menerapkan protap pencegahan Covid-19. Seluruh pihak yang terlibat wajib menggunakan masker dan memberlakukan jarak antara satu sama lain (physical distancing). (RE)