DPRD Sulut Apresiasi Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

rapat paripurna dprd sulut
Rapat Paripurna DPRD Sulut. (Dok. Setwan Sulut)

KOMUNIKASULUT.COM – DPRD Sulut mengadakan rapat paripurna beragendakan penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 oleh Gubernur, Senin (15/6/2020).

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey, S.E, dalam menanggapi pemandangan umum dari lima fraksi di DPRD Sulut. Terdiri dari Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem, Frasksi Golkar, Fraksi Demokrat, dan Fraksi Nyiur Melambai.

Sebelumnya kelima fraksi telah mengutarakan pendapat dan masukannya, baik secara lisan maupun tertulis terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sulut Tahun Anggaran 2019.

Beberapa hal yang ditanggapi menyoal persoalan sosial-ekonomi di Sulut, perkembangan penanganan Covid-19, penerapan kebijakan di masyarakat, manajemen sistem pemerintahan daerah, kekurangan dan pencapaian pemerintah provinsi hingga saat ini.

Hasil pembahasan akan ditindaklanjuti dalam rapat Badan Anggaran DPRD Sulut dan Tim Anggaran Pemprov Sulut mendatang. Sebagaimana yang disampaikan Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw.

“Tahapan pembahasan selanjutnya dari Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, adalah rapat pembahasan antara Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Utara bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Yang akan dilaksanakan pada Selasa 16 Juni 2020, baik secara fisik dan virtual,” jelasnya.

“Rapat akan dilangsungkan di ruangan paripurna, namun kiranya tetap mengikuti protokol kesehatan. Sesuai kondisi pandemi sekarang ini. Tim RAPD kiranya juga dibatasi, tapi yang lain diharapkan sudah stand by. Supaya kalau ada pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan, bisa langsung dihubungi dan dijawab secara virtual oleh pihak Pemprov yang terkait,” tambah Ketua Dewan.

Ia juga mengapresiasi seluruh penjelasan dan umpan balik yang diutarakan Wakil Gubernur, terhadap seluruh pertanyaan serta tanggapan para anggota dewan dari kelima fraksi.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang telah berkenan hadir, untuk menyampaikan sambutan dan menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi pada rapat paripurna hari ini,” tandas Angouw.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan protap penanganan Covid-19, dengan memberlakukan jarak antara seluruh pihak yang ikut serta, membatasi jumlah orang di dalam ruangan, dan mewajibkan penggunaan masker. (RE)