Peduli Lingkungan di Tengah Pandemi, Porgasi Sulut Tanam 3000 Bibit Pohon Mahoni

porgasi sulut masyarakat lingkar tambang tanam bibit pohon mahoni
Proses penanaman bibit pohon mahoni.

KOMUNIKASULUT.COM – Persatuan Olahraga Airsoft Indonesia (Porgasi) Sulawesi Utara bersama Masyarakat Lingkar Tambang, melakukan penanaman 3000 bibit pohon mahoni di Puncak Alason, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kamis (18/6/2020).

“Kami menargetkan penanaman bibit 3000 pohon mahoni ini selama satu minggu. Jadi ini masih jalan, kami lakukan di areal Puncak Alason. Sebaran bibit pohonnya berjarak tiga sampai empat meter,” tutur Berry Bertrandus selaku Ketua Harian Porgasi Sulut kepada awak media, Selasa (23/6/2020).

Dirinya menggandeng kelompok Masyarakat Lingkar Tambang untuk bersinergi melakukan penanaman dan pelestarian bibit pohon, sampai pada kesuburannya.

“Kegiatan melibatkan kelompok Masyarakat Lingkar Tambang. Semuanya berkisar 10 orang. Mereka sukarela membantu tanpa imbalan. Mereka juga yang menjaga wilayah penanaman bibit pohon ini,” tambahnya.

Adapun, aksi ini merupakan bentuk kepedulian Berry dan Stefanus Pusung terhadap lingkungan, di tengah pandemi Covid-19. Terlebih, aktivitas tersebut menggunakan anggaran pribadi, sehingga tidak berafiliasi dengan stakeholder pemerintah.

“Alasan utamanya karena kami peduli dengan lingkungan. Di tengah pandemi seperti ini, kami berpikir untuk tanam pohon saja. Lalu diputuskan untuk langsung cari bibitnya. Kami beli melalui orang kami di Tomohon menggunakan dana pribadi. Jadi tidak melibatkan pemerintah atau dinas kehutanan,” lugas keduanya.

Dengan demikian, aksi peduli lingkungan ini akan memiliki dampak berkepanjangan bagi penduduk dan ekosistem hutan setempat. Setidaknya ini yang menjadi harapan Berry dan Stefanus, selaku inisiator kegiatan.

Rangkaian kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga seluruh pihak yang terlibat wajib menggunakan masker, sarung tangan, dan menjaga jarak. (RE)