Cegah Covid-19, Masyarakat Jangan Lupa Ganti Masker Saat Masuk Ruangan

ketua kagama manado taufik tumbelaka
Taufik Tumbelaka. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Manado, Taufik Tumbelaka mengingatkan masyarakat agar tidak mengendorkan tindakan pencegahan terhadap paparan Covid-19. Seperti halnya dalam kebiasaan menggunakan masker.

Ini disampaikannya di sela kegiatan pembagian puluhan alat pelindung wajah (Faceshield) dan masker kepada lansia, yang diselenggarakan KAGAMA Manado dan PEWARNA Sulut di areal Bank BTPN, Tanjung Batu, Wanea, Manado, Rabu (1/7/2020).

“Saat ini Sulawesi Utara sudah tembus 1000 (positif Covid-19, red). Sedangkan jumlah penduduk kita cuma 2.6 juta. Itu angkanya sudah cukup tinggi. Dengan ini kita mencoba kebiasaan baru, new normal, tapi tetap harus menjaga kesehatan tubuh,” buka Taufik.

Dalam pemberlakuan protap Covid-19, masih ada pedoman penggunaan masker yang dilupakan masyarakat. Terlebih khusus saat beraktivitas di luar dan di dalam ruangan. Maskernya harus rutin diganti sesuai arahan WHO.

“Kami mencoba menerapkan protokol WHO. Jadi protokol di Bank ini sudah betul untuk cuci tangan dan segala macamnya. Tapi sebetulnya yang terlupa adalah harus pakai masker baru. Ini yang jadi usulan kita ke teman-teman yang lain. Jangan lupakan bahwa salah satu kelompok rentan adalah lansia, selain balita dan anak-anak,” jelas Taufik.

Salah satu alasannya, “Karena sirkulasi di ruangan tidak menguntungkan dengan masker yang kita pakai dari luar ruangan. Jadi kita himbau untuk membiasakan gunakan pelindung muka atau Faceshield. Ketika masuk ruangan harus pakai masker baru,” tandasnya.

WHO sendiri telah menerangkan pedoman penggunaan masker bagi masyarakat sipil. Di antaranya, orang yang berusia di atas 60 tahun wajib menggunakan masker medis; penggunaan masker kain bisa digunakan sebagai kombinasi pencegahan pemaparan virus sebanyak 70%; penggunaan masker kain harus diganti setiap empat jam.

Selain itu, hindari menyentuh masker selama penggunaan; cuci tangan dahulu jika harus menyentuh masker; cuci tangan setelah melepas masker; untuk pemakaian berkala, cuci masker dengan air hangat dan detergen 1 hari sekali. (RE)