KAGAMA Manado-PEWARNA Sulut ‘Lindungi’ Lansia dari Covid-19

kagama manado dan pewarna sulut bagikan masker dan pelindung wajah
Para lansia diberikan masker dan pelindung wajah. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Wabah Covid-19 yang masih melanda Sulut tidak serta merta menyurutkan rasa kepedulian antar sesama. Masyarakat masih saling support untuk menjaga kesehatan, agar bisa beriringan melewati masa pandemi.

Ini terlihat dalam aksi sosial yang digelar Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Manado, bersama Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Sulut, Rabu (1/7/2020).

Berlangsung di areal Bank BTPN, Jalan Sam Ratulangi, Tanjung Batu, Wanea, Manado, kegiatan dirangkaikan dengan pembagian puluhan alat pelindung wajah (Faceshield) dan masker, kepada lansia yang beraktivitas di kawasan tersebut.

“Hari ini Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Pengurus Cabang Manado, mengajak teman-teman Persatuan Wartawan Nasrani Sulawesi Utara untuk berbagi dalam bentuk lain. Kalau lain ada yang bahan pokok, tapi kami dengan modal sosial berbagi pelindung muka. Atau yang disebut Faceshield, lalu berbagi masker,” tutur Taufik Tumbelaka selaku Ketua Kagama Manado.

Kagama Manado dan Pewarna Sulut mengambil waktu di awal bulan, bertepatan dengan momen penerimaan dana pensiun para lansia. Sehingga waktu dan tempat kegiatan dapat tepat sasaran. “Kebetulan tanggal 1 waktunya torang pe oma deng opa mengambil pensiun,” tambahnya.

Kegiatan ini sendiri belum dilangsungkan secara masif. Item yang disalurkan juga belum banyak. Namun kedepannya direncanakan untuk diadakan secara berkelanjutan.

“Belum banyak, tidak sampai 100. Kita uji coba pertama. Saya berharap tanggal 1 bulan depan bisa mengajak teman-teman Pewarna Sulut untuk turun kembali,” ungkap Taufik.

Senada dengan itu, Ketua Pewarna Sulut, Sisco Manossoh mengungkapkan bentuk dukungannya terhadap aksi sosial ini. Sisko juga akan selaras dengan Kagama Manado dalam pelaksanaan kegiatan kemanusiaan berikutnya.

“Kami sendiri sangat mendukung Kagama Manado, karena memang ini aksi sosial untuk kemanusiaan. Kebetulan hari ini mereka mengambil pensiun, inilah momen yang kami ambil. Kedepan kami akan tetap bekerja sama,” terangnya.

Kegiatan ini dipastikan menerapkan protap penanganan Covid-19, dengan tetap menggunakan masker, hand sanitizer, dan tidak ada kontak fisik antara seluruh pihak yang terlibat. “Walaupun ini dalam keadaan new normal, tapi kami laksanakan sesuai dengan protokol yang dianjurkan WHO,” tandas Sisco. (RE)