KPU MANADO: Verifikasi Faktual Bakal Calon Perseorangan Hampir Selesai

KOMUNIKASULUT.COM– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 Manado telah memasuki tahapan verifikasi faktual untuk dukungan bakal calon perseorangan.

Ketua KPU Manado Jusuf Wowor mengungkapkan, tahapan tersebut sudah sudah sampai di kecamatan dan akan naik ke tingkat KPU kota Manado.

“Jika kita mengacu pada jadwal, maka akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 19 Juli 2020, bahkan di kecamatan sudah 90 persen rampung,” ujar Wowor, di Manado, Selasa (14/07/2020).

Meskipun memang jadwalnya masih tersisa beberapa hari lagi, tetapi pekerjaan tersebut masih dapat diselesaikan oleh panitia adhoc dan KPU Manado lebih cepat dari jadwal yang ada.

“Tentu saja Verfak yang kami lakukan mengikuti protokol kesehatan, meskipun bekerja cepat, dimana seluruh petugas wajib mengenakan masker, pelindung wajah, sarung tangan hingga membawa handsanitizer,” jelasnya.

Wowor menegaskan, jika tak menggunakan APD dilarang melakukan Verfak, bahwa jika ditemukan ada yang reaktif saat rapid test langsung dirumahkan dan diganti.

Meskipun jadwalnya lebih cepat, karena kerja tanggap dan cepat para panitia adhoc, kata Wowor, tetapi pengumuman dan keputusan memenuhi syarat atau tidak akan mengikuti jadwal yang ditetapkan KPU.

“Kemungkinan pengumuman selesainya Verfak dan penetapan bakal pasangan calon MS atau TMS akan dilakukan pada sesuai jadwal sekitar tanggal 20 Juli,” katanya.

Dia mengatakan, hasil yang pasti, belum bisa disampaikan, sampai sata ini masih dalam proses, dan minta semua pihak bersabar menanti sesuai jadwal yang ada.(**)