Bawaslu Sulut Luncurkan Pengawasan Coklit Secara Daring

Bawaslu Sulut, secara daring meluncurkan Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut), pengawasan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di daerah tersebut.

“Peluncuran pengawasan tersebut, dilakukan untuk menegaskan pada masyarakat, bahwa Bawaslu, siap untuk melakukan pengawasan, terhadap proses yang sedang berjalan,”kata Koordinator Divisi Bidang Hukum, Humas, Data dan Informasi, Bawaslu Sulut, Supriyadi Pangellu, SH, di Manado, Rabu.

Nmun mantan anggota Panwaslu Manado itu, meminta partisipasi dari masyarakat umum, untuk ikut mengawasi jalannya proses dan semua tahapan Pilkada 2020.

“Sebab jujur saja, saat ini Bawaslu memang masih kekurangan tenaga, karena ada daerah yang luas dan penduduk banyak, sehingga panitia pemutakhiran data pemilih itu juga banyak, sedangkan Bawaslu hanya ada satu di tiap desa dan kelurahan di Sulut,” katanya.

Karena itulah, menurut mantan ketua Panwaslu Talaud itu, peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk ikut melakukan pengawasan, sehingga tidak ada kongkalikong atau permainan.

Dia juga menegaskan, dalam bekerja melakukan pengawasan, di masa pandemi COVID-19 seluruh tenaga adhoc dari pengawas diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, artinya wajib menggunakan masker, membawa handsanitizer dan APD lainnya.

“Sehingga bisa melindungi diri termasuk melindungi masyarakat yang akan dikunjungi untuk melakukan pendataan dan verifikasi data pemilih,” katanya. (Etty)