Fabiola Motoh Ajak Milenials Jaga Kebersihan Gunung Lokon Tomohon

Fabiola Motoh.

KOMUNIKASULUT.COM – Gunung Lokon akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata, bagi kalangan anak muda di Sulawesi Utara.

Berletak di Kota Tomohon, jarak gunung ini dari Kota Manado kira-kira 25 km. Lokon merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sulawesi, dengan ketinggian sekira 1.580 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini memiliki pemandangan alam yang begitu memukau. Karena dari puncaknya kita bisa melihat panorama indah Kota Tomohan dan hijaunya perkebunan di sekitarnya. Tak heran, banyak sekali kawula muda yang berkunjung di tempat tersebut.

Namun disayangkan, dibalik keindahan di Lokon, masih banyak pendaki yang tak sadar akan kebersihan ketika bereksplorasi di sana. Masih banyak sampah organikdan non organik yang sering disisahkan.

Ini menuai tanggapan dari berbagai kalangan. Salah satunya datang dari milenials. Fabiola Grasella Motoh, wanita yang akrab disapa Fabi itu mengatakan, gunung ini memiliki keindahan tersendiri. Jangan kita rusak dengan meninggalkan sampah yang dibawa dari rumah.

“Gunung Lokon adalah milik kita semua, yang juga adalah icon Kota Tomohon. Jangan rusak keindahannya dengan membuang sampah sembarangan di sana,” lugas perempuan rupawan itu.

Fabiola yang juga Harapan 1 Putri Tomohon tahun 2017 itu, menghimbau teman-teman yang berencana mendaki gunung Lokon, harus memperhatikan kebersihan ekosistemnya. Tidak boleh berlaku apatis dengan lingkungan.

“Banyak pendaki yang menganggap remeh soal kebersihan. Banyak ditemui sampah-sampah yang berserakan. Seperti pembungkus permen atau putung rokok. Karena menurut saya, ini sangat berpengaruh untuk berkembangnya destinasi wisata gunung Lokon,” tutur mahasiswi semester 7 di Jurusan Administrasi Negara, Fispol Unsrat tersebut.

Peraih Fotogenic Noni Unsrat 2018 itu juga menyarankan bagi pengunjung, terlebih generasi untuk muda, jangan cuma sekedar berfoto-foto di sana. Tapi harus menjaga dan merawat alam yang kita cintai.

“Jangan sekedar berkunjung dan mengabadikan keindahan Gunung Lokon. Tapi kita sebagai generasi muda harus mejaga alam yang ada, dengan mentaati peraturan pemerintah untuk tidak membuang sampah. Jika perlu, kita wajib membersihkan sampah-sampah yang ditemui ketika mendaki gunung Lokon,” ucap Paskibraka Kota Tomohon tahun 2014 tersebut.

Milenials hebat itu juga mengingatkan pemerintah setempat, agar lebih memperhatikan destinasi wisata ini. Karena ini adalah tanggung jawab bersama dan pemerintahlah yang memiliki kewenangan lebih dalam memberdayakan spot wisata di Sulut. Terutama untuk gunung Lokon.

”Pemerintah harus lebih lagi memperhatikan destinasi wisata gunung Lokon. Salah satunya dengan melakukan kegiatan yang bisa menunjang destinasi wisata tersebut. Supaya, ini dapat menjadi lebih baik untuk kedepannya,” tutup Fabiola. (YA2)