Kambey-Kirojan Lengkapi Berkas Calon Perseorangan ke KPU Manado

kambey kirojan lengkapi berkas calon perseorangan ke kpu manado
Drs. Jusuf Wowor, M.Si, menerima berkas perbaikan pasangan calon perseorangan.

KOMUNIKASULUT.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menerima perbaikan berkas Dr. Franky V.T. Kambey, M.Kes, dan Dr. Daud Alexander Kirojan, M.Kes, yang mengajukan diri sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado lewat jalur perseorangan.

Berkas diterima secara langsung oleh jajaran Pimpinan dan Komisioner KPU Manado, dengan diawasi Bawaslu Manado di aula kantor, Senin (27/7/2020).

Kepada awak media, Drs. Jusuf Wowor, M.Si, selaku Ketua KPU Manado menerangkan, keduanya menyerahkan data 46.658 e-KTP yang merupakan syarat perbaikan mendaftar calon perseorangan. Angka tersebut merupakan jumlah dukungan masyarakat kepada mereka, agar bisa ikut sebagai peserta dalam kontestasi Pilkada Manado 2020.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, kekurangan syarat dukungan harus diperbaiki dengan perhitungan harus dikalikan dua. Karena, kekurangan saat verifikasi faktual lalu sebanyak 21.363 e-KTP. Maka, harus diperbaiki sebanyak 42.726 e-KTP,” ungkapnya.

Usai melengkapi berkas perbaikan, Dr. Daud Alexander Kirojan, M.Kes, sebagai salah satu bakal calon Wakil Wali Kota Manado, menerangkan antusiasmenya setelah lolos di tahap ini. Kedepannya ia dan pasangannya tetap optimis, akan lolos hingga sesi verifikasi administrasi dan faktual. Ini berkat dukungan masyarakat kepada mereka.

“Kami tetap optimis. Tentu kami akan berjuang melewati proses hari ini, hingga sampai ke tahap verifikasi administrasi dan faktual,” terangnya.

“Tak menyangka hingga mendapatkan suara sebanyak ini. Terima kasih untuk masyarakat Kota Manado, yang telah memberikan dukungan kepada kami melalui formulir dukungan dan KTP,” tandas Kirojan.

Diketahui, 46.658 e-KTP telah melebihi jumlah ketentuan yang harus dimasukan. Karena pada rapat pleno verifikasi faktual pekan lalu, mereka kekurangan 21.363 dari 30.885 e-KTP yang harus dilengkapi.

Setelah selesai pengecekan berkas, tahapan akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi pada 29 Juli hingga 4 Agustus 2020. (YA2)