Asah Kemampuan Menulis Kawula Muda, Literasi Milenial Adakan Pelatihan Jurnalistik

Komunitas Literasi Milenial Sulut

KOMUNIKASULUT.COM – Komunitas Literasi Milenial Sulawesi Utara mengadakan pelatihan jurnalistik di Rumah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Sasaran, Tondano, Sabtu (08/08/2020) sampai Minggu (09/08/2020).

Bekerja sama dengan Kelas Menulis Mapatik, materi yang diberikan seputar manfaat belajar menulis, penulisan straight news, dan metode wawancara. Masing-masing dibawakan narasumber berkompeten.

Direktur Eksekutif Literasi Milenial, Dedy Dagomes menjelaskan, tujuan utamanya untuk mengedukasi kaum milenial agar terhindar dari praktek hoaks.

“Konsepnya sendiri kita pakai family gathering. Kita belajar bersama, sambil menjalin kekeluargaan,” ujarnya.

Dedy juga menuturkan, generasi saat ini punya akses lebih dalam mendapatkan informasi luas.

“Literasi Milenial ini konteksnya belajar.  Jadi kita harus menggiatkan kegiatan literasi. Setidaknya anak-anak Literasi Milenial itu tahu dasar-dasar menulis,” tambahnya.

Rikson Karundeng materikan Penulisan Straight News.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan menulis, Daniel Rewah mengungkapkan antusiasmenya karena bisa mendapatkan ilmu baru dari kegiatan ini.

“Senang bisa ikut pelatihan yang dibuat oleh Literasi Milenial. Dapat ilmu baru, teman baru, dan tentu mendapat pengalaman yang baru. Jaya terus Literasi Milenial,” tuturnya.

Pelatihan dihadiri anggota Literasi Milenial Sulut, perwakilan Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN), Komunitas Menulis Mapatik, dan Pers Mahasiswa Acta Diurna Fispol Unsrat.

Materi Penulisan Straight News dibawakan Rikson Karundeng; Manfaat Menulis dibawakan Kalfein Wuisan; dan Metode Wawancara dibawakan Rezky Kumaat. (YA2)