Gubernur Olly Bantu Sarana Produksi Petani Kelapa Minsel

Gubernur Olly saat memberikan bantuan kepada petani.

KOMUNIKASULUT.COM – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri acara penyerahan bantuan sarana produksi, penanaman kelapa serta pengukuhan korporasi petani pengolah kelapa dan pemasar kelapa di Desa Kawangkoan Bawah, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (19/8/2020).

Penyerahan bantuan tersebut merupakan upaya Pemprov Sulut mengembangkan tanaman perkebunan kelapa, dan korporasi petani pengolah dan pemasar kelapa yang turut dikukuhkan adalah upaya untuk memangkas mata rantai perdagangan komoditas sehingga petani bisa mendapat harga yang lebih baik.

Adapun bantuan sarana produksi yang diserahkan Pemprov melalui Dinas Perkebunan Sulut kepada kelompok tani di Minsel yaitu bibit kelapa genjah pandan wangi 600 cikal, bibit kelapa genjah 2000 cikal, bibit kelapa dalam 72.000 cikal, bibit pala 36.000 batang, bibit cengkeh 9.750 batang.

Selain itu kelompok tani juga mendapatkan pupuk NPK 18.600 kg, pupuk organik 54.750 kg, knapsack 240 unit, herbisida 503 liter, pestisida (APH) 150 liter, mesin potong rumput 30 buah, rumah pengering kelapa 1 unit dan pengolahan minyak kelapa 2 unit.

Gubernur sangat mengapresiasi semua pihak yang menyatakan tekad untuk bersama-sama dalam pengembangan tanaman kelapa di daerah Sulut.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.