Ini Strategi HIPMI Jaga Roda Ekonomi RI di Tengah Pandemi

Konferensi pers BPD HIPMI Sulut bersama Ketua OKK BPP HIPMI, Rohalim Boy Sangadji dan Koodinator Wilayah Timur HIPMI, Edmond Timbuleng.

KOMUNIKASULUT.COM – Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Rohalim Boy Sangadji mengimbau pelaku usaha tidak sembarangan melakukan ekspansi bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Jika pun langkah itu tidak diperlukan, maka tetap fokus pada jalur usaha yang sejak awal dijalankan, adalah keputusan paling tepat. Ini salah satu strategi HIPMI menjaga kestabilan roda ekonomi di masing-masing daerah Nusantara.

“Kita berharap teman-teman pelaku bisnis yang tergabung dalam HIPMI, fokus untuk bertahan. Jangan ekspansi dulu. Jagalah pada apa yang sudah ada. Sambil kita betul-betul memastikan bahwa Covid-19 sudah selesai. Karena kita tidak tahu kapan ini berakhir, hanya Tuhan yang tahu,” ujar Boy.

“Situasi sekarang yang penting adalah bertahan. Itu arahan BPP kepada teman-teman di daerah. Kita memang bisa ekspansi apabila bisnisnya untuk kebutuhan Covid-19. Bisnis pada bidang kesehatan dan pangan adalah salah satunya,” tambahnya.

Pergerakan HIPMI memang lagi concern pada pemenuhan kebutuhan kedua hal tersebut. Karena sebelumnya, HIPMI telah selesai membagikan ribuan paket bantuan sembako dan alat kesehatan. Seluruhnya ditujukan bagi masyarakat terdampak Covid-19 dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Ini salah satu peran yang diambil HIPMI.

“Sekarang memang rata-rata komunitas di HIPMI, mengisi waktu dengan bisnis sampingan tersebut. Yang pertama adalah suplai alat-alat kesehatan dan bisnis yang menyangkut soal pangan. Karena keduanya memang paling dibutuhkan saat ini. Penyalurannya tidak boleh ditunda,” ungkap Boy.

Kedepannya HIPMI mengharapkan sinergitas pihak pemerintah maupun swasta, dalam mempermudah kaum pengusaha menjalankan usahanya, di tengah situasi force majeur (tidak diduga, terpaksa) saat ini.

“Situasi sekarang memang lagi susah. Kita berharap ada relaksasi dari perbankan, untuk lebih memberikan kemudahan kepada anggota HIPMI. Dalam rangka bagaimana mereka bisa mempermudah usaha di tengah pandemi,” tandas Boy kepada awak media, di sela kegiatan Rapat Koordinasi dan Launching Open Recruitment HIPMI Sulut, di restoran Casa Bakudapa Manado, Sabtu (22/8/2020). (RE)