KPU Manado Matangkan Pembahasan Verifikasi Syarat Calon dengan Stakeholder

rdk kpu manado bersama stakeholder
RDK KPU Manado bersama stakeholder. (Foto Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado mengadakan Rapat Dalam Kantor (RDK) bersama stakeholder, menyoal verifikasi syarat calon, Senin (24/9/2020).

Berlangsung di Aula Kantor KPU Manado, Jusuf Wowor menjelaskan pentingnya kegiatan ini. Salah satunya untuk mematangkan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado 2020 yang sedang bergulir. Sehingga, koordinasi berkala perlu dilakukan.

“Kami wajib melakukan koordinasi ini sebagaimana perintah pimpinan dan regulasi. Kiranya dengan koordinasi ini, KPU Kota Manado dapat mempersiapkan tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado tahun 2020, dengan lebih baik,” ujar Ketua KPU Manado itu.

“Kami perlu terus berkoordinasi tentang dokumen syarat, yaitu SKCK dengan Polresta Manado, izajah dan legilisirnya dengan Dinas Pendidikan Kota Manado, dan Surat Keterangan dari Badan Nasional Narkotika Nasional Kota Manado,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Manado, Sahrul Setiawan menjelaskan soal kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal calon, harus sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020.

“Kami akan meminta penjelasan terkait keabsahan dokumen dan isi dalam dokumen tersebut, dengan memperhatikan PKPU 1 Tahun 2020, terkait dokumen syarat calon yang nanti akan diberikan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Tahun 2020, pada saat pendaftaran calon,” paparnya.

Kegiatan dihadiri perwakilan Polresta Manado, Dinas Pendidikan Kota Manado, BNN Kota Manado, dan jajaran KPU Manado. (Red)