Richard Sualang Terima Keluh Kesah Buruh Pelabuhan Manado

richard sualang dialog dengan masyarakat
dr. Richard Sualang berdialog dengan masyarakat.

KOMUNIKASULUT.COM – Buruh bagasi di pelabuhan Angkutan Sungai, Darat, dan Penyeberangan Laut (ASDP) Manado, menyuarakan unek-uneknya kepada dr. Richard Sualang, Rabu (9/9/2020).

Audiensi dilakukan dalam rangka Masa Reses Persidangan II Tahun 2020. Para buruh membawa beragam permintaan, masukan, dan keluhan kepada Sualang.

Sejumlah persoalan krusial yang perlu segera dijawab, yaitu pemenuhan Kartu BPJS Ketenagakerjaan, tata kelola lapangan pekerjaan, dan pembentukan serikat buruh pelabuhan Manado.

“Kita harus fasilitasi BPJS Ketenagakerjaan para pekerja buruh. Mudah-mudahan ini bisa segera dibantu. Nanti kita akan sampaikan ke pihak BPJS, supaya para buruh bagasi bisa segera memperoleh kartu BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Sualang.

“Kemudian, mereka mengeluhkan tentang lahan pekerjaan. Ini perlu ada komunikasi antara pemerintah provinsi dan pihak Pelindo selaku pengelolah. Supaya Pelindo tidak hanya mengelolah lahan disini, tapi para buruh bagasi juga harus dikelolah. Supaya mereka tertib,” tambah Anggota DPRD Sulut dari Fraksi PDIP itu.

Pembentukan serikat buruh pelabuhan juga bisa jadi salah satu solusi alternatif, untuk menjamin kesejahteraan mereka.

“Saat ada organisasinya, tentu bisa melindungi dan mengayomi para kawan-kawan buruh bagasi,” ungkap Sualang.

Seluruh hasil reses akan langsung ditindaklanjuti dan dikawal sampai membuahkan titik temu. Ini dipastikan anggota Komisi IV DPRD Sulut tersebut.

“Pasti akan segera kita sampaikan pada pemerintah. Dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga merupakan fraksi dari pemerintah, akan secepatnya menyampaikan aspirasi ini,” tandas Sualang.

Reses berlangsung tatap muka di R.M. Jerril, Kecamatan Wenang Utara, areal pelabuhan ASDP Manado. Kegiatan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 bagi seluruh pihak yang hadir.  (RE)