Ini Curhatan Warga Mapanget di Reses MJP

KOMUNIKASULUT.COM – Masyarakat Desa Mapanget, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara mengutarakan beragam permintaan, masukan, dan keluhan kepada Melky Jakhin Pangemanan, S.IP, MAP, M.Si, Rabu (9/9/2020).

Ini berlangsung dalam Masa Reses Persidangan II anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, di Balai Desa Mapanget.

Isu penting yang dibawa adalah, pertama, bantuan bahan pangan bagi lansia. Berupa susu, vitamin, dan sejenisnya, yang bisa meningkatkan imunitas dan kesehatan mereka.

Kedua, Kepala Sekolah SD GMIM Mapanget mengajukan bantuan alat musik kolintang. Guna menumbuhkan potensi seni dan budaya para siswa.

Ketiga, warga Perumahan Griya 3 mengeluhkan drainase yang terhambat karena berukuran kecil. Saat hujan, air yang meluap merusak struktur jalan. Ini butuh perbaikan karena mengancam nyawa pengendara yang melintas.

Keempat, Kepala Jaga 8 meminta perbaikan drainase di Perumahan CBA. Terdapat 8 rumah yang sudah tidak bisa ditinggali karena langganan tergenang air.

Kelima, Kepala Jaga 5 mengusulkan oengadaan seragam dan alat komunikasi bagi perangkat desa. Ini demi menjaga ketertiban dan keamanan desa.

Keenam, Pdt. Firly Rengkung mengeluhkan pengelolaan sampah di desa yang buruk. Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang. Ini butuh sosialisasi untuk mengedukasi warga dalam menigkatkan kesadaran hidup bersih, memilah sampah, dan proses daur ulang. Diharapkan nantinya jadi mata pencaharian baru warga.

Melky memastikan kelanjutan aspirasi tersebut. Seluruhnya akan dirembukan di gedung cengkeh dan dikawal sampai Pemerintah Provinsi Sulut.

“Saya akan berjuang dan mengawal semua aspirasi yang masuk. Ini demi kepentingan masyarakat dan daerah,” rangkumnya.

Reses dihadiri puluhan peserta, terdiri dari masyarakat, perangkat desa, staf DPRD, dan awak media. Protap kesehatan Covid-19 pun tetap diberlakukan dengan ketat. (RE)