Jelang PAW, Richard Sualang Tuntaskan Reses Terakhir di DPRD Sulut

richard sualang berinteraksi dengan peserta reses
Interaksi dr. Richard Sualang dengan peserta reses.

KOMUNIKASULUT.COM – dr. Richard Sualang telah menyelesaikan tugasnya dalam menjaring dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, di Daerah Pemilihan (Dapil) Manado selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara.

Ini ditandai dengan berakhirnya pelaksanaan Masa Reses Persidangan II Sualang di Kelurahan Paal 4, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Jumat (11/9/2020).

Sebabnya adalah, Sualang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Walikota Manado pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020. Ia berpasangan dengan Andrei Angouw selaku bakal calon Walikota.

Ia terikat pada persyaratan pencalonan, yang mewajibkannya memundurkan diri/ PAW (Pergantian Antar Waktu) dari status sebagai legislator, yang baru diemban selama satu tahun.

“Beberapa waktu lalu saya sudah mendaftarkan diri bersama dengan Bapak Andrei Angouw, sebagai calon walikota dan wakil walikota dari PDI Perjuangan. Untuk memenuhi syarat sebagai bakal calon, Pak Andrei dan saya yang juga anggota DPRD Sulawesi Utara, kita berdua harus memundurkan diri karena sudah mencalonkan sebagai eksekutif,” bukanya.

“Jadi dari PDIP, ada dua orang yang akan diPAW ke DPRD Sulut. Salah satunya adalah Pak Hilman Firmansyah Idrus yang turut hadir pada malam hari ini. Dia akan menggantikan saya di DPRD Provinsi,” tambahnya.

Sualang memastikan aspirasi konstituennya terus ditindaklanjuti dan dikawal Fraksi PDIP, baik di tingkat kota sampai provinsi. Ia menjamin solidaritas dan sinergitas dari partai berlambang banteng moncong putih itu, tidak akan luntur.

“Pada reses ini ibu-ibu dan bapak-bapak jangan khawatir, ketika tahu saya sudah akan lengser. Akan dikemanakan aspirasi dari reses ini? Siapa yang akan bawa ini kedepannya?” sahutnya.

“Aspirasi malam ini langsung masuk ke Fraksi PDIP Sulut. Karena kita fraksi pemerintah, sama-sama dengan Pak Olly dan Pak Steven. Jadi aspirasi malam ini istimewa. Langsung tersampaikan kepada pemerintah provinsi, ke pihak eksekutif. Jadi input dan outputnya pasti selaras dan cepat ditindaklanjuti. Di provinsi sama, di kota juga sama,” tandas anggota Komisi 4 DPRD Sulut itu.

Pada kesempatan tersebut, Sualang didampingi Ketua DPRD Manado, Altje Dondokambey; Ketua PAC PDIP Kecamatan Tikala, Johanes Pontoluli; Ketua Ranting PDIP Kelurahan Paal 4, Neni Warbu; Ketua Taruna Merah Putih Kecamatan Tikala, Gero Lasut; dan Wakil Ketua DPC PDIP Manado Bidang Komunikasi Politik, Hilman Firmansyah Idrus.

Sebelumnya, selama periode Reses Persidangan II DPRD Sulut, Sualang telah menjaring aspirasi kaum buruh bagasi di Pelabuhan Laut Manado, Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang, Rabu (9/9/2020). Selanjutnya masyarakat di Kelurahan Kleak, Kecamatan Sario, Kamis (10/9/2020).

Di setiap reses memberlakukan protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat, staf DPRD, awak media, dan seluruh pihak yang hadir wajib cuci tangan, physical distancing, dan gunakan masker. (RE)