Hilman Sangat Siap Gantikan Peran Sualang di Gedung Cengkeh

richard sualang dan hilman firmansyah idrus
dr. Richard Sualang dan Hilman Firmansyah Idrus, S.T.

KOMUNIKASULUT.COM – Hilman Firmansyah Idrus, S.T, digadang-gadang menggantikan posisi dr. Richard Sualang sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Daerah Pemilihan (Dapil) Manado.

Menyahuti itu, Hilman mengutarakan kesediaannya mengemban amanah sebagai penghuni gedung cengkeh tersebut. Ini termasuk menjalankan seluruh tugas, pokok, dan fungsi seorang legislator. Di antaranya adalah legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Kalo kesiapan, saya sudah sangat siap. Yang pasti, seluruh pekerjaan di DPRD Provinsi Sulawesi Utara yang kemarin dikerjakan dr. Richard Sualang, akan saya lanjutkan. Sesuai dengan misi kepartaian. Untuk kesejahteraan rakyat, khususnya untuk kota Manado yang menjadi Dapil kita,” lugasnya kepada awak media, usai mendampingi Sualang pada Reses terakhirnya di Paal 4, Tikala, Manado, Jumat (11/9/2020).

Selaku suksesor dari Sualang yang sedang mencalonkan diri sebagai Wakil Walikota Manado, Hilman berupaya maksimal untuk mengimbangi kinerja 44 wakil rakyat lain, dalam memperjuangkan hak kesejahteraan dan kesehatan para konstituen. Utamanya dari dampak Pandemi Covid-19.

“Komisi 4 kan ini bidang Kesra dan Pendidikan. Di mana hari ini Covid-19 menjadi perhatian khusus warga Indonesia dan Sulawesi Utara. Ketika menjadi anggota DPRD, saya akan sebisa mungkin memperjuangkan hak-hak seluruh masyarakat. Terutama di bidang kesehatan dan pendidikan,” fokusnya.

Berdasarkan klasemen perolehan suara Calon Legislatif (Caleg) PDIP Dapil Sulut 1, di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2020, Hilman menempati posisi kelima dengan 4.173 suara. Urutan pertama ditempati Andrei Angouw dengan 33.155 suara, kedua dr. Richard Sualang dengan 16.749 suara, ketiga Drs. Arthur Kotambunan dengan 6.911 suara, dan keempat Agustien Kambey dengan 4.748.

Mengacu pada status kelima figur tersebut, Hilman masuk dalam opsi Penggantian Antar Waktu (PAW) untuk Sualang, karena Arthur sementara menjabat anggota DPRD Sulut. Sedangkan Agustien akan menggantikan posisi Andrei.

Penggantian ini diperlukan untuk melengkapi syarat pendaftaran pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Andrei Angouw (AA) dan dr. Richard Sualang (RS) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Berkas pengunduran diri AA-RS dari jabatan legislatif, harus segera dimasukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, 30 hari sebelum hari pencoblosan. (RE)