Karang Taruna Lalue Sambut Hari Pahlawan dengan Pentas Budaya

    rapat karang taruna desa lalue
    Rapat Karang Taruna Lalue, persiapkan pagelaran Hari Pahlawan 2020.

    KOMUNIKASULUT.COM – Karang Taruna Desa Lalue, Kecamatan Essang, Kabupaten Kepulauan Talaud, jauh-jauh hari telah mempersiapkan perayaan Hari Pahlawan 10 November 2020.

    Mereka mulai merapatkan rangkaian kegiatan untuk momentum nasional tersebut, pada Sabtu (12/9/2020). Pentas seni dan budaya serta penggalangan dana, merupakan beberapa konsep kegiatan yang akan dilangsungkan.

    “Pentas seni dan budaya akan menampilkan seni musik Kentel. Yang akan dipadukan dengan Budaya Mangimparuca, yakni budaya yang memperagakan tokoh pahlawan Talaud,” jabar Swandi H. Lekunaung, SKM, selaku Ketua Karang Taruna Lalue.

    “Ini dikarenakan Budaya Mangimparuca serta Kentel, dalam beberapa tahun ini sudah tidak lagi dilaksanakan. Bahkan hampir hilang. Jadi kami ingin kembali mengangkat dan mengembangkan kembali seni, budaya dan adat Desa Lalue,” tambahnya.

    Soal penggalangan dana, mereka bermaksud mengadakan baju adat dan alat musik di Desa Lalue, dari hasil kegiatan itu.

    “Untuk baju adat desa memang sudah ada, tetapi Karang Taruna Desa Lalue berinisiatif untuk memiliki baju adat sendiri. Agar supaya bisa digunakan oleh anggota Karta, pada kegiatan-kegiatan selanjutnya. Untuk alat musik Kentel yang memang sudah tidak ada,” jelas Swandi.

    “Nominal anggaran yang di butuhkan adalah lima juta rupiah. Ini untuk pembelian 18 baju adat yang akan menjadi infentaris Karta, sekaligus membeli satu set bahan pembuatan alat musik Kentel,” tandasnya.

    Dengan demikian, kegiatan diharapkan mampu memacu semangat pemuda-pemudi desa, dalam memaknai dan merefleksikan Hari Pahlawan di tahun 2020. Meskipun pelaksanaannya masih dalam suasana new normal pandemi Covid-19. (RE)