KPU Manado Tetapkan DPS Sebanyak 327.739 Orang

KOMUNIKASULUT.COM – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado 9 Desember nanti. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 327.739 orang.

Hal tersebut ditetapkan dalam hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Tahun 2020, Minggu (13/9/2020).
Jusuf Wowor selaku Ketua KPU Kota Manado menjelaskan hasil DPS tersebut diperoleh dari total keseluruhan hasil Pemutakhiran daftar pemilih yang telah dilakukan. Dari daftar pemilih sementara yang berjumlah 327.739 orang.
“Pemilih laki-laki berjumlah 161.342 orang dan pemilih perempuan berjumlah 166.397. Pemilih ini tersebar di 11 Kecamatan, 87 Kelurahan dan 979 Tempat Pemungutan Suara atau TPS yang sudah didata,” kata Wowor.
Sebelumnya, KPU Kota Manado telah menerima saran perbaikan dari Bawaslu Kota Manado terkait adanya pelangaran administrasi yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam penjumlahan.
“Ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan regulasi. Kami melakukan koreksi data pada saat pleno tingkat Kota Manado yaitu untuk PPK Sario, PPK Paal Dua, PPK Tuminting, PPK Wenang, dan PPK Bunaken Kepulauan,” ucap Wowor.
Diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado meminta agar KPU Manado untuk menunda Pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS).
(Yaya Piri)