Kodim 1312 Talaud Fasilitasi Proses Belajar dan Mengajar Siswa di Ruang Makodim

KomunikaSulut.Com-Proses belajar-mengajar di luar jaringan atau during tetap dilaksanakan di Talaud, meski kabupaten kepulauan yang dipimpin duet Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Muktar Arunde Parapaga (MAP) itu dianggap salah satu daerah terbaik penanganan covid-19 di Indonesia.

Dalam konteks itu, personil Kodim 1312/Talaud ikut  mengambil bagian membantu dan memfasilitasi proses belajar-mengajar di dalam ruangan data Makodim 1312/Talaud.

Dalam metode belajar di luar jaringan (during) proses belajar-mengajar menggunakan media, buku, modul dan bahan lainnya. Kegiatan ini dibantu orang tua didik dan wali siswa.

Siswa-siswi juga diwajibkan mengisi lembar aktivitas sebagai dasar pemantauan di setiap hari belajar. Demikian juga, orang tua murid dan wali siswa di minta menandatangani setiap sesi belajar yang sudah selesai dalam lembar pemantauan harian.

Para guru dan murid pun diberikan tugas sesuai jadwal yang sudah disusun. Selanjutnya hasil tugas dikumpulkan dalam lembar pemantauan aktivitas harian dan diambil setiap minggu. Tugas dapat dikirim melalui alat komunikasi.

Para Guru dan personil Kodim 1312/Talaud mengisyaratkan, penyelenggaraan belajar dari rumah di massa pandemi covid 19, selain informasi bahwa ada proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu dalam jaringan (daring) secara online, proses belajar mengajar juga bisa dilaksanakan secara luar jaringan (Luring), dengan berpegang surat edaran sekretariat jendral (sekjen) kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) nomor 15 tahun 2020.

Proses belajar mengajar di luar jaringan (luring) juga diatur oleh guru dan personil Kodim 1312/Talaud dengan cara sehari 10 orang murid dengan mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh guru di rumah siswa.

Walaupun Talaud sudah masuk pada zone hijau atau new normal di massa pandemi covid 19, para guru dan personil kodim 1312/Talaud, tetap menjalankan protap kesehatan. Guru dan murid di antaranya harus memakai masker.