Taufik Bilfaqih Ajak Masyarakat Awasi Penyelenggara Pilkada

Taufik Bilfaqih, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Bawaslu Kota Manado.

KOMUNIKASULUT.COM – Momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 semakin dekat. 9 Desember nanti masyarakat Sulawesi Utara akan memilih kepala daerah, baik tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Dalam pelaksanaan Pilkada tak lepas dari yang namanya “Penyelenggara”. Penyelenggara Pilkada adalah mereka yang bertugas mempersiapkan pelaksanaan pemilihan atau pun bertugas sebagai fungsi pengawasan.

Dalam Ketentuan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 1 angka (7) menyebutkan bahwa Penyelenggara Pemilu adalah lembaga yang menyelenggarakan Pemilu yang terdiri atas  Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) sebagai satu kesatuan fungsi Penyelenggaraan Pemilu.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga, Bawaslu Kota Manado, Taufik Bilfaqih mengajak masyarakat untuk mengawasi kinerja penyelenggara Pilkada.

Hal itu dikatakannya, kepada awak media sesuai sosialisasi Bawaslu Manado bertemakan ‘Peran Masyarakat dan Penyelenggara dalam Mewujudkan Pilkada yang Berkualitas dan Berintegritas, di Aryaduta Hotel, Jumat (18/9/2020).

“KPU perlu diawasi masyarakat, begitupun Bawaslu. Mari kita sama-sama jadi polisinya penyelenggaraan Pilkada,” kata Taufik Bilfaqih.

Karena menurutnya, ini tentang keterlibatan elemen masyarakat pada ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Sepantasnya, publik terlibat tidak sekadar untuk menggunakan hak pilih, namun turut serta mengawasi jalannya semua tahapan Pilkada,” ucap Bang Bill sapaan akrabnya.

“Kalaupun kita menjadi menjadi tim sukses, harus jadi tim sukses yang betul-betul tidak mengkampanyekan hal-hal yang buruk,” himbaunya.

Lanjutnya, masyarakat harus punya kesadaran berdemokrasi dengan baik. “Jadi demokrasi itu bukan konflik tapi demokrasi adalah kedewasaan,” ujarnya.

Menurutnya dengan adanya sosialisasi seperti ini, dapat memberikan informasi tentang peran kita bagi kita sebagai penyelenggara atau pun masyarakat dalam berdemokrasi.

“Kami berharap di Pilkada 2020 ini semua tahapan berjalan dengan baik,” kata Bang Bill.

Terakhir, Bang Bill mengajak kepada semua masyarakat untuk mengawasi kita sebagai penyelenggara.

“Awasi juga kami sebagai penyelenggara karena kalau kita tidak diawasi jangan-jangan justru kita yang menjadi wasit yang tidak adil,” tandasnya.

(Yaya Piri)