Ketua DPRD Sulut Segera Berganti, Rocky Tunggu SK PDIP

ketua fraksi pdip dprd sulut rocky wowor
Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut, Rocky Wowor.

KOMUNIKASULUT.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, Andrei Angouw segera diganti pada 27 September 2020. Ini menyesuaikan dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado, yang sudah menetapkan pasangan calon lolos seleksi administrasi.

Angouw yang merupakan salah satu calon Walikota Manado, harus memundurkan diri dari jabatan legislatifnya di gedung cengkeh. Posisinya akan diestafetkan kepada anggota DPRD Sulut, dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Nama yang mencuat menggantikan posisi Angouw adalah Rocky Wowor; dr. Fransiskus Andi Silangen, Sp.B, KBD; dan Berty Kapojos, S.Sos.

Rocky selaku Ketua Fraksi PDIP DPRD Sulut, digadang-gadang calon kuat menduduki jabatan itu. Namun, rupanya ia tidak ingin sesumbar dan melegitimasi dirinya sendiri. Ia menyerahkan semua hasilnya pada keputusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDIP, dan mengikuti proses seleksi yang sedang berlangsung.

“Sekarang kan kita mau tunggu SK dari partai pengusung PDI Perjuangan. Kan ini teman-teman kita belum memundurkan diri. Waktu mereka mundur, baru partai proses. Tahapan di internal kita juga belum kelar. Masih ada satu tahapan fit and proper test dan tes psikologi,” jelasnya.

“Jadi belum tahu calon-calonnya yang dipilih. Saya belum tahu.  Entah saya, Pak dr. Andi, atau Pak Berty Kapojos. Masih belum tahu,” tambah wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bolaang Mongondow Raya tersebut.

Penggantian ketua dewan akan melalui sejumlah alur internal dan eksternal di DPRD Sulut. Rocky menjabarkannya secara singkat kepada awak media, dari ruangannya di Sekretariat DPRD Sulut, Rabu (23/9/2020).

“Kan kita harus rapat paripurna dulu. Kemarin sudah dijadwalkan dengan Bamus untuk paripurna yang akan PAW sama pimpinan. Dari situ kita paripurna internal dulu baru menyurat ke gubernur. Baru gubernur ke Kemendagri, Kemendagri ke partai. Setelah itu, dari partai kirim ke DPRD untuk dibacakan di paripurna. Lalu kirim lagi ke Kemendagri dan Kemendagri keluarkan SK. Baru ulang lagi dirapatkan di paripurna,” urainya.

Diketahui, Rocky adalah legislator yang meraup suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Sulut 2019, dari Fraksi PDIP. Ia menyumbang 40.977 suara, bagi partai berlambang banteng moncong putih kala itu.

Peliput: Rezky Kumaat